Korelasi kualitas air dengan struktur komunitas makroinvertebrata sebagai bioindikator di Sungai Tambak Cemandi Desa Kalanganyar Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yudhistira, Laga (2021) Korelasi kualitas air dengan struktur komunitas makroinvertebrata sebagai bioindikator di Sungai Tambak Cemandi Desa Kalanganyar Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Laga Yudhistira_H05216011.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kota Sidoarjo adalah salah satu kota yang terdapat di Jawa Timur dan kota tersebut termasuk kedalam kota yang padat penduduk, khususnya Desa Tambak Cemandi. Padatnya penduduk di Kota Sidoarjo menyebabkan terkumpulnya sampah yang dapat menggenangi aliran Sungai Tambak Cemandi, yang dapat menyebabkan terganggunya ekosistem sungai tersebut. Dikarenakan ada permasalahan tersebut maka diperlukan pemantauan kualitas air salah satunya dengan cara biomonitoring. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kualitas air tercemar Sungai Tambak Cemandi berdasarkan parameter fisika dan kimia, mengetahui struktur komunitas makroinvertebrata yang terdapat di Sungai Tambak Cemandi, mengetahui korelasi struktur komunitas makroinvertebrata dengan kualitas air yang terdapat di Sungai Tambak Cemandi. Penelitian dilakukan di Sungai Tambak Cemandi di Desa Kalanganyar Kabupaten Sidoarjo. Sampling pengambilan air untuk uji parameter fisika kimia dilakukan dengan cara mengambil air di sisi kiri sungai dan kanan sungai, serta pengambilan sampling makroinvertebrata dilakukan di 3 titik. Hasil penelitian untuk kualitas air di dapatkan nilai suhu tertinggi terdapat pada stasiun 3 yaitu sebesar 32,55 oC, nilai TSS tertinggi terdapat pada stasiun 3 sebesar 204 mg/L. Nilai BOD tertinggi terdapat pada stasiun 2 sebesar 15,5 mg/L. Nilai COD tertinggi terdapat pada stasiun 3 sebesar 60,37 mg/L. Nilai parameter DO tertinggi terdapat pada stasiun 1 yaitu 6,15 mg/L. Indeks keseragaman pada ke tiga stasiun diperoleh pada stasiun 2 sebesar 0,378 yang berarti indeks keanekaragaman rendah. Nilai Indeks keseragaman tertinggi diperoleh stasiun 2 dengan nilai 0,0037. Nilai Indeks kesamaan pada ketiga stasiun diperoleh sebesar 200% yang berarti pada ketiga komunitas tersebut masih dapat dipandang sebagai satu komunitas. Makroinvertebrata dominan yang didapatkan pada ketiga stasiun yaitu jenis Atydae dan Buccinidae. Hasil korelasi yang didapatkan yaitu pada keanekaragaman terdapat korelasi sedangkan pada keseragaman makroinvertebrata tidak terdapat korelasi dengan kualitas air di Sungai Tambak Cemandi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yudhistira, Lagalagayudhistira@gmail.comH05216011
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMunfarida, Idamunfarida@uinsby.ac.id198411302015032001
Thesis advisorSetyowati, Diah Nugraheninugraheni_diah@yahoo.com198205012014032001
Subjects: Lingkungan Hidup
Statistik
Teknik Lingkungan
Keywords: Struktur komunitas; Makroinvertebrata; Kualitas Air.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Tehnik Lingkungan
Depositing User: Laga Yudhistira
Date Deposited: 17 Jan 2021 04:00
Last Modified: 17 Jan 2021 04:00
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/45665

Actions (login required)

View Item View Item