Pengaruh film animasi terhadap perkembangan bahasa anak pada usia 5-6 tahun di Desa Kedung Boto Kecamatan Taman Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ambarwati, Putri (2021) Pengaruh film animasi terhadap perkembangan bahasa anak pada usia 5-6 tahun di Desa Kedung Boto Kecamatan Taman Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Putri Ambarwati_D98216078.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan bahasa anak dalam menyebutkan huruf vokal, menirukan berbagai suara hewan, menyebutkan dua kata dan menceritakan isi cerita dari film animasi yang sudah ditonton. Hal ini terlihat dari 15 anak hanya 4 anak yang tidak mampu menyebutkan huruf vokal, sedangkan pada saat menceritkan isi cerita film animasi tidak ada satu pun yang mampu menceritakan kembali secara sederhana. Oleh karena itu tujuan dilaksanakan nya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh film animasi terhadap perkembangan bahasa anak pada usia 5-6 tahun di Desa Kedung Boto Kecamatan Taman Sidoarjo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perkembangan bahasa anak pada usia 5-6 tahun di desa Kedung Boto Kecamatan Taman Sidoarjo sebelum menonton film animasi serta untuk mengetahui pengaruh perkembangan bahasa anak pada usia 5-6 tahun di desa Kedung Boto Kecamata Taman Sidoarjo sesudah menonton film animasi. Penelitian ini mengunakan metode penelitian kuantitif dengan desain penelitian Pre Eksperimental dengan jenis One Group Pretest Post-test Design. Subyek pada penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun di Desa Kedung Boto Kecamatan Taman Sidoarjo dengan berjumlah 15 anak. Pada penelitian kuantitatif dengan jenis One Group Pretest Post-test Design dengan memiliki 3 tahapan, yakni Pretest, pemberian perlakuan (treatment), dan yang terakhir post-test. Pengumpulan data pada penelitian ini yaitu: observasi dan dokumentasi. Pada hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh dari film animasi tersebut terhadap perkembangan bahasa anak pada usia 5-6 tahun di Desa Kedung Boto Kecamatan Taman Sidaorjo. Hal ini terlihat dari hasil data pada pretest dan post-test yang menggunakan uji Wilcoxon dengan menggunkan SPSS 16 bahwa Zhitung -3.508 sig ,000 maka Ho ditolak dan Ha diterima.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ambarwati, Putriputriambar06@gmai.comD98216078
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMas'ud, Sulthonsulthonmasud@yahoo.com2073091001
Thesis advisorMuallifah, Illunilunmuallifah@yahoo.com2006076701
Subjects: Anak
Bahasa Indonesia
Media Massa
Keywords: Perkembangan Bahasa; Film Animasi.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Putri Ambarwati
Date Deposited: 17 Jan 2021 04:05
Last Modified: 17 Jan 2021 04:05
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/45663

Actions (login required)

View Item View Item