Peran orangtua dalam meningkatkan status gizi anak usia dini melalui Bekal Makanan (Lunch Box) di RA Al Qodir Wage Taman Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Permadi, Kumala Ardianti (2020) Peran orangtua dalam meningkatkan status gizi anak usia dini melalui Bekal Makanan (Lunch Box) di RA Al Qodir Wage Taman Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Kumala Ardianti Permadi_D98216038.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh orangtua yang memberikan bekal makanan instan seperti fast food, junk food, frozen food, chiki, serta makanan kemasan lainnya yang tidak memiliki cukup kandungan gizi. Keadaan ini dikarenakan orangtua yang memiliki jam kerja seharian penuh dan tidak memiliki cukup waktu dalam memberikan bekal makanan yang mengandung gizi seimbang bagi anaknya, sehingga memberikan bekal makanan instan lebih disukai. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana peran serta pemahaman orangtua dalam bekal makanan yang mengandung gizi seimbang, dan alasan orangtua dalam memberikan bekal makanan baik yang mengandung gizi seimbang ataupun tidak bagi anaknya. Pada penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan studi kasus. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mengacu pada konsep Milles dan Huberman, dalam prosesnya meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitain menunjukan bahwa orangtua memiliki jam kerja yang berbeda-beda, namun dapat dikelompokkan menjadi 3 kategori yaitu: orangtua yang bekerja seharian penuh, orangtua yang bekerja setengah hari, dan orangtua yang tidak bekerja atau ibu rumah tangga. orangtua yang tidak bekerja atau ibu rumah tangga dirasa tidak cukup berperan dalam memberikan bekal makanan yang mengandung gizi seimbang bagi anaknya, mereka beranggapan dengan memberikan makan sebelum berangkat sekolah dan sepulang sekolah sudah cukup dalam memenuhi kebutuhan gizi anak. Sedangkan orangtua yang bekerja seharian penuh dan orangtua yang bekerja setengah hari cukup berperan dalam memberikan bekal makanan yang mengandung gizi seimbang bagi anaknya, mereka beranggapan bahwa saat anak-anak disekolah mereka tidak dapat memantau makanan apa saja yang di konsumsi oleh anaknya. Mengenai pemahaman orangtua terkait bekal makanan yang mengandung gizi seimbang sudah cukup baik, karena setiap orangtua dari ke 3 kategori tersebut mengetahui bahan makanan apa saja yang baik dikonsumsi serta cara mengolahnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Permadi, Kumala ArdiantiKumalaarp@gmail.comD98216038
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAlfin, Jauharotialfin_ftkuinsa2014@yahoo.com2006067301
Thesis advisorPangastuti, Ratnaratnapangastuti@hotmail.com2003118103
Subjects: Anak
Belajar
Pendidikan > Metode
Keywords: Peran orangtua; Status gizi anak; Bekal makanan.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Kumala Kumala Permadi
Date Deposited: 17 Jan 2021 03:53
Last Modified: 17 Jan 2021 03:53
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/45635

Actions (login required)

View Item View Item