الأفعال المزيدة وفوائدها في سورة الزّمر

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putri, Arum Kusmila Surya (2021) الأفعال المزيدة وفوائدها في سورة الزّمر. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Arum Kusmila Surya Putri_A01217010.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini yang bertemakan “Kata Kerja Yang Memiliki Tambahan dan Faedahnya dalam Surat az-Zumar” dengan menggunakan teori ilmu Shorof. Ilmu Shorof adalah ilmu yang membahas tentang perubahan kata dari satu bentuk ke bentuk yang lain. dalam Ilmu Shorof, fi’il (kata kerja) dari segi jumlah huruf aslinya terbagi menjadi dua, yaitu: fi’il tsulatsi dan fi’il ruba’i. Sementara dari segi keaslian hurufnya juga terbagi menjadi dua, yaitu: mujarrod (tanpa tambahan huruf) dan mazid (ada tambahan huruf). Penambahan huruf dalam Fi’il mazid yakni dengan penambahan satu, dua, atau tiga huruf. Penambahan huruf dalam suatu kata kerja akan mengakibatkan muncul makna baru yang dapat dipahami dari konteks kalimat yang disebut dengan faidah. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu penulis memahami fi’il-fi’il tsulatsi mazid dalam ilmu shorof yang terdapat pada kitab surat az-Zumar, meneliti bentuk dan wazanya, serta menentukan faidah-faidahnya. Adapun hasil penelitian dalam surat az-Zumar ini terdapat 45 Fi’il mazid dengan berbagai bentuk wazan dan faedah. Dari segi tambahanya ada tiga macam, yakni yang pertama : Tambahan satu huruf dengan wazan اَفْعَلَ terdapat 12 kata dan 2 faedah antara lain : litta’diyah, lishoiruroh. Dan wazan فَعَّلَ terdapat 13 kata dan 4 faedah yaitu : litta’diyah, littaktsir, litikhodzu, linisbatil maf’ul ila aslil fi’il. Kedua : Tambahan dua huruf dengan wazan تَفَعَّلَ terdapat 6 kata dan 7 faedah yaitu : littikhodil fi’li minal ismi, litholabil fi’li, limuthowaah fa’ala, lidilalati ala khusuli fi’li, litta’diyah, lishoiruroh, limuthowaah faala, dan wazan اِفْتَعَلَ terdapat 11 dan 2 faedah yaitu: lima’na fa’ala, limuthowaah fa’ala, Ketiga : Tambahan tiga huruf dengan wazan اِسْتَفْعَلَ terdapat 3 kata dan 2 faedah yaitu : limuthowaah dan liwijdani ala shifatin.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putri, Arum Kusmila Suryaarum0499@gmail.comA01217010
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUbet, Abdullohubaid.auza@gmail.com2007056602
Subjects: Bahasa Arab
Morfologi
Keywords: Shorof; Af’alul mazidah dan Faedah; surat az-Zumar.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Arum Kusmila Surya putri
Date Deposited: 15 Jan 2021 00:08
Last Modified: 15 Jan 2021 00:08
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/45627

Actions (login required)

View Item View Item