Profil pemahaman konsep materi segiempat menurut APOS ditinjau dari tipe kepribadian

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nisa, Wahyu Khoirun (2020) Profil pemahaman konsep materi segiempat menurut APOS ditinjau dari tipe kepribadian. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Wahyu Khoirun Nisa_D74216078.pdf

Download (2MB)

Abstract

APOS memiliki peran yang sangat penting dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik yang berkaitan dengan materi segiempat. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan pemahaman konsep peserta didik materi segiempat menurut APOS dibedakan dari kepribadian. Komponen-komponen yang digunakan untuk mengukur pemahaman konsep peserta didik meliputi pemahaman sifat-sifat bangun segiempat, dengan Menggunakaan indikator pemahaman menurut APOS, dan melihat dari kepribadian peserta didik. Jenis penelitian ini adalah studi kasus menggunakan kualitatif. Subjek dipilih 4 peserta didik dengan rincian 2 peserta didik yang memiliki kepribadian ekstrovert, dan 2 peserta didik yang memiliki kepribadian introvert. Data diperoleh dari hasil jawaban peserta didik dalam mengerjakan lembar tes pemahaman dan wawancara antara peneliti dan subyek. Prosedur teknik data meliputi reduksi data, penafsiran data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dan pembahasan diperoleh bahwa peserta didik yang memiliki kepribadian ekstrovert dapat mencapai pada tahap APOS dalam menyelesaikan tes pemahaman. Tetapi subjek ekstrovert belum mampu menentukan bangun dan berdasarkan sifat-sifat tertentu ( sesuai dengan konsepnya), contoh ketika peserta didik belum bisa menentukan gambar bangun segiempat dan pada tahap objek subjek belum bisa menentukan bangun berdasarkan ciri-ciri. Sehingga pada tahap ini subjek ekstrovert belum memenuhi indikator pemahaman konsep menurut APOS. Peserta didik yang memiliki kepribadian introvert sapat mencapai pada tahap APOS dalam menyelesaikan tes pemahaman, Sehingga kedua siswa siswa dapat memenuhi indikator pemahaman konsep menurut APOS.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nisa, Wahyu Khoirunwahyukhoirun22@gmail.comD74216078
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKusaeri, Kusaerikusaeri@uinsby.ac.id2006077202
Thesis advisorLailyah, Sitilailiyah@uinsby.ac,id2028098401
Subjects: Matematika
Pendidikan > Evaluasi
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Pemahaman Konsep; Kepribadian ekstrovert dan Introvert; APOS.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Wahyu Khoirun / Nisa Hadi
Date Deposited: 10 Jan 2021 06:42
Last Modified: 10 Jan 2021 06:42
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/45543

Actions (login required)

View Item View Item