تحليل الأخطاء النحوية في كتابة طلّاب الفصل الثاني في المدرسة الهداية جنكيبوان بنكلان

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

khotibah, khotibah (2020) تحليل الأخطاء النحوية في كتابة طلّاب الفصل الثاني في المدرسة الهداية جنكيبوان بنكلان. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Khotibah_A91216073.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan siswa-siswi MA “Al-hidayah” kelas dua di Jengkebuan Bangkalan dalam proses pembelajaran bahasa arab. Setelah peneliti melakukan pengamatan memang banyak kesalahan yang ditemukan dalam penulisan bahasa arab terutama dalam susunan kaidah secara nahwu. Oleh sebab itu sangat penting penelitian ini dilakukan untuk menghindari terjadinya kesalahan yang berkelanjutan dalam penulisan teks-teks berbahasa arab dan juga untuk memberikan petunjuk bagaimana cara memahami kaidah nahwu secara benar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja bentuk kesalahan sintaksis yang terdapat pada tulisan siswa-siswi MA “Al-hidayah” kelas dua di Jengkebuan Bangkalan dan apa saja sebab-sebab terjadinya kesalahan tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif analisis dengan pendekatan analisis kesalahan, yakni peneliti memberikan kertas dengan tulisan bahasa Indonesia kemudian diterjemahkan oleh siswa-siswi MA “Al-hidayah” kedalam bahasa arab, kemudian peneliti mengidentifikasi apa saja macam-macam dan sebab terjadinya kesalalahan pada tulisan tersebut. Hasil yang diperoleh dari analisis yang dilakukan oleh peneliti pada tulisan siswa-siswa MA “Al-hidayah” kelas dua di Jengkebuan Bangkalan yaitu terdapat beberapa macam kesalahan sintaksis berupa susunan Mubtada’ dan Khabar (56), Al-idhofah (4), Jar Wa- Almajrur (31). Jumlah Al-Fi’liyah (8), Maf’ul bih (48) dan Na’at Man’ut (2). Adapun sebab dari terjadinya kesalahan tersebut adalah ketidaktahuan terhadap kaidah yang berlaku (Al-Jahl bi Al-Qaidah Wa Quyuduha) (62) dan penerapan yang kurang sempurna terhadap kaidah yang berlaku (At-Tathbiq An-Naqish li Al-Qawaa’id)(87).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
khotibah, khotibahkhotibahmis@gmail.comA91216073
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorEfendi, Nasikul Mustofa132101811755197610052007101004
Subjects: Agama dan Ilmu Pengetahuan
Bahasa Arab > Tata Bahasa
Keywords: Nahwu; Tata bahasa.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Khotibah Khotibah
Date Deposited: 04 Jan 2021 23:32
Last Modified: 04 Jan 2021 23:32
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/45526

Actions (login required)

View Item View Item