Implementasi Etika Produksi Islam dalam meningatkan loyalitas pelanggan pada UMKM Ratu Lemu Buduran Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khumairoh, Ika Wahyu Nur (2020) Implementasi Etika Produksi Islam dalam meningatkan loyalitas pelanggan pada UMKM Ratu Lemu Buduran Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ika Wahyu Nur Khumairoh_G94216171.pdf

Download (2MB)

Abstract

Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan wawancara, observasi dan dokumentasi secara langsung dengan narasumber yaitu pemilik UMKM Ratu Lemu dan custumer pada UMKM Ratu Lemu. Setelah berhasil mengumpulakan data di lapangan kemudian penulis melakukan pengolahan data, data yang digunakan oleh penulis yaitu editing, organizing, dan analizing. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Etika produksi Islam pada UMKM Ratu Lemu ini telah menerapkan nilai dasar etika dalam kegiatan produksi, yaitu nilai keesaan, keseimbangan, kehendak bebas, tanggung jawab, dan kebajikan. Kemudian juga terdapat nilai tambahan etika produksi Islam yang diterapkan yaitu memberikan kesempatan kepada pembeli untuk mencoba produk dan menjamin mutu barang yang diproduksi. (2) Dengan diterapkanya etika produksi Islam pada UMKM Ratu Lemu ini telah memberikan dampak positif dalam meningkatkan loyalitas pelanggan yang lihat dari kepuasan pelanggan, kualitas produk dan harga pada UMKM Ratu Lemu. Dari hasil penjelasan penelitian diatas, saran kepada UMKM Ratu Lemu ini adalah implementasi etika produksi Islam yang sudah sangat sesuai dengan nilai dasar etika produksi pada UMKM Ratu Lemu ini perlu dipertahankan dan ditingkatkan lagi. Sehingga usaha yang dijalankan ini akan semakin berkah dan semakin banyak memiliki pelanggan yang loyalitasnya tinggi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khumairoh, Ika Wahyu Nurikawahyuk98@gmail.comG94216171
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWigati, Srisriwigatiwiwik@gmail.com2021027302
Subjects: Ekonomi Islam
Etika
Keywords: Etika produksi islam; Loyalitas pelanggan; UMKM Ratu Lemu.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: IKA WAHYU NUR KHUMAIROH
Date Deposited: 03 Jan 2021 13:14
Last Modified: 03 Jan 2021 13:14
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/45497

Actions (login required)

View Item View Item