Analisis Framing pemberitaan pengepungan asrama Mahasiswa Papua di Surabaya pada Media Online Kompas.Com dan Detik.Com: periode 16- 27 Agustus 2019

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jelita, Kinanthi Wahyu (2020) Analisis Framing pemberitaan pengepungan asrama Mahasiswa Papua di Surabaya pada Media Online Kompas.Com dan Detik.Com: periode 16- 27 Agustus 2019. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Kinanthi Wahyu Jelita_B06216018.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pengepungan Asrama Mahasiswa Papua yang terjadi di jalan Kalasan, Surabaya, telah menyebabkan beberapa kerusuhan di beberapa Kabupaten dan Kota di Papua. Awal dari kejadian pengepungan itu sendiri disebabkan oleh video yang tersebar di media sosial dimana dalam video tersebut menunjukkan bahwa Mahasiswa Papua yang tinggal di asrama jalan Kalasan merusak dan membuang bendera merah putih ke selokan. Namun hal tersebut ditepis oleh Mahasiswa Papua sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Kompas.Com dan Detik.Com membingkai sebuah berita tentang Pengepungan Asrama Mahasiswa Papua di Surabaya. Melalui analisis framing model Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki dengan menggunakan teori Agenda Setting dan Ideologi Media, penelitian ini mendapatkan hasil yang menunjukkan bahwa Kompas.Com lebih berimbang dalam memuat pernyataan dari berbagai sumber, sedangkan Detik.Com terlihat lebih berani dalam penyampaian berita. Kedua media berusaha membangun konstruksi realitas dengan menampilkan fakta-fakta yang ada. Namun, Kompas.Com lebih banyak dalam penyajian faktanya. Dari penelitian ini, diharapkan untuk Jurnalis dari media online maupun non online, agar tetap menjaga keaslian dan sikap netral pada penulisan peristiwa sehingga masyarakat tidak akan salah memaknai berita.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jelita, Kinanthi Wahyukinanwj85@gmail.comB06216018
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPardianto, Pardiantopardianto@uinsby.ac.id2022067303
Subjects: Dakwah > Dakwah, Media
Komunikasi
Keywords: Framing; Media Online; Kerusuhan Asrama Mahasiswa Papua.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Kinanthi Wahyu Jelita
Date Deposited: 27 Dec 2020 11:58
Last Modified: 27 Dec 2020 11:58
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/45485

Actions (login required)

View Item View Item