فعالية استخدام الوسيلة التعليمية "بطاقة تكوين الكلمة" لترقية مهارة الكتابة لطلاب الفصل السابع بمدرسة "روضة المتعلمين" المتوسطة الإسلامية بابات لامونجان

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nadhifah, Muflihatin (2020) فعالية استخدام الوسيلة التعليمية "بطاقة تكوين الكلمة" لترقية مهارة الكتابة لطلاب الفصل السابع بمدرسة "روضة المتعلمين" المتوسطة الإسلامية بابات لامونجان. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muflihatin Nadhifah_D92216041.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kemampuan menggunakan bahasa dalam dunia pengajaran bahasa disebut ketrampilan berbahasa. Ketrampilan tersebut ada empat, yaitu ketrampilan, berbicara, membaca dan menulis. Menulis merupakan salah satu ketrampilan penting dalam pembelajaran Bahasa arab karena menulis merupakan suatu aktifitas untuk mengaktualisasikan kemampuan diri dan spesialisasi keilmuan kepada publik. Oleh karena itu ketrampilan menulis menjadi salah satu ketrampilan berbahasa yang menarik untuk dibahas. Dimana realitanya tidak semua siswa mampu menulis bahasa Arab dengan baik dan benar. Banyak faktor yang mempengaruhi rendahnya keterampilan menulis siswa tersebut diantaranya yaitu proses pembelajaran menulis yang masih klasik, terlebih tanpa disertai dengan media pembelajaran. Hal ini membuat siswa kurang tertaik dan merasa bosan. Oleh karena itu, peneliti menggunakan media pembelajaran dalam penelitiannya yang berjudul “Efektifitas Penggunaan Media Pembelajaran “Kartu Penyusun Kata” Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Kelas VII MTs Raudlatul Muta’allimin Babat Lamongan”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan menulis siswa, penggunaan media pembelajaran “kartu penyusun kata” dan efektifitas dari media tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, angket, dokumentasi dan tes (pre test dan post test). Sedangkan sampel yang digunakan adalan siswa kelas VII A dengan jumlah siswa 20 siswa. Berdasarkan analisa data yang dilakukan oleh peneliti diperoleh kesimpulan bahwa T hitung > T tabel , maka dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan kata lain penggunaan media pembelajaran “kartu penyusun kata” efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas VII MTs Raudlatul Muta’allimim Babat Lamongan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nadhifah, Muflihatinmuflihatin71@gmail.comD92216041
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMudlofir, Alimudlofir_ali@yahoo.com2016116301
Thesis advisorAzhari, Saufullahsaefullah652@gmail.com2014086502
Subjects: Bahasa Arab
Keterampilan
Menulis
Keywords: Media pembelajaran; Kartu penyusun kata; Ketrampilan menulis.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: muflihatin nadhifah
Date Deposited: 26 Dec 2020 10:15
Last Modified: 26 Dec 2020 10:15
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/45479

Actions (login required)

View Item View Item