Strategi pembelajaran dimasa pandemi Covid-19 di TK Sartika II Sumurgenuk Babat Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

jayanti, Dewi (2020) Strategi pembelajaran dimasa pandemi Covid-19 di TK Sartika II Sumurgenuk Babat Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dewi Jayanti_D98216031.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi Pentingnya strategi pembelajaran dalam proses pembelajaran tidak bisa berjalan tanpa adanya kerja sama antara murid dan guru. Namun untuk saat ini Virus corona (CoV) telah menyebar di berbagai negara belahan dunia. Dengan adanya surat edaran yang dikeluarkan oleh kemendikbud nomor 4 tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran covid-19 menghimbau kepada seluruh instasi pendidikan mulai dari tingkat PAUD sampai perguruan tinggi untuk tidak melakukan pembelajaran tatap muka disekolah dan menggantinya dengan belajar dari rumah melalui sistem daring atau luring. Proses strategi pembelajaran daring maupun luring diharapkan mampu menjadikan pembelajaran yang menarik, mudah difahami dan kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Bagaimana strategi pembelajaran dimasa pandemi covid-19 di TK SARTIKA II SUMURGENUK BABAT LAMONGAN ? dan (2)Apa faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan strategi pembelajaran dimasa pandemi covid-19 di TK SARTIKA II SUMURGENUK BABAT LAMONGAN ? Penelitian ini adalah penelitian dengan pendekatan kualitatif. Desain penelitian ini ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk menganalisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran di masa pandemi covid-19 di TK Sartika II ini menggunakan strategi pembelajaran daring dan luring dan bisa mengkolaborasikan keduanya “blended learning”. Untuk pembelajaran daring guru menggunakan strategi pedagogis konstruktivistik hal ini di pilih untuk memudahkan guru untuk menyampaikan pembelajaran dinilai sangat membantu karena meliputi interaksi, kolaborasi, proyek, berbasis masalah. Proses pembelajaran daring kita membutuhkan HP dan paket data agar bisa menyampaikan dan menerima pesan. Pembelajaran luring sendiri guru menyampaikan pembelajarannya hanya menggunakan 4 strategi pembelajaran yang meliputi penemuan terbimbing, diskusi, demonstrasi dan belajar kooperatif, hal ini dilakukan karna terbatasnya waktu pembelajaran luring. Berdasarkan hasil penelitian ada Faktor penghambat dan pendukung dalam strategi pembelajaran daring dan luring. Untuk faktor penghambat strategi pembelajaran daring yaitu tidak punya HP, paket data, susah sinyal, orang tua bekerja, anak jenuh atau malas belajar . Adapun faktor penghambat pembelajaran luring terbatasnya waktu pembelajaran. Adapun faktor pendukung strategi pembelajaran daring lebih bisa memanfaatkan teknologi, orangtua bisa lebih dekat dengan anak, informasi untuk menyampaikan pesan dan menerima pesan, bisa dikerjakan kapan pun maupun dimanapun sesuai jam yang telah ditentukan. Faktor pendukung strategi pembelajaran luring Terbukanya sistem pembelajaran secara langsung pada zona kuning dan hijau.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
jayanti, Dewijdewi7305@gmail.comD98216031
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukhoiyaroh, Mukhoiyarohprodipiauduinsa@gmail.com2009047302
Thesis advisorDwijo, Al Qudus Nofiandri Eko Suciptoalqudusnes@gmail.com197311162007101001
Subjects: Belajar
Keywords: Strategi Pembelajaran; Covid-19.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Dewi jayanti
Date Deposited: 26 Dec 2020 10:00
Last Modified: 26 Dec 2020 10:00
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/45478

Actions (login required)

View Item View Item