Analisis Hukum Islam dan Fatwa DSN-MUI N0.IX/DSN-MUI/2017 terhadap pengembalian sisa uang ijarah kontrakan yang diminta penyewa sebelum kesepakatan berakhir di Kalisari Damen Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amalia, Nailufar (2020) Analisis Hukum Islam dan Fatwa DSN-MUI N0.IX/DSN-MUI/2017 terhadap pengembalian sisa uang ijarah kontrakan yang diminta penyewa sebelum kesepakatan berakhir di Kalisari Damen Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nailufar Amalia_C02216052.pdf

Download (2MB)

Abstract

Jenis penelitian skripsi ini merupakan penelitian Kualitatif dengan analisis pola pikir deduktif, adalah teknik analisis dengan cara memaparkan data apa adanya yang terdapat dilapangan mengenai praktik pengembalian terhadap sisa uang ijarah kontrakan yang diminta penyewa sebelum kesepakatan berakhir di Kalisari Damen Surabaya, kemudian dianalisis menggunakan hukum islam dan Fatwa DSN-MUI No.IX/DSN-MUI/2017 untuk ditarik kesimpulannya.Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa banyaknya permasalahan penyewa yang meminta sisa uang ijarah> nya sebelum kesepakatan berakhir di Kalisari Damen Surabaya menurut hukum islam tidak diperbolehkan, dikarenakan tidak ada alasan yang bisa membatalkan secara sepihak dan hal tersebut membuat kerugian yang menyewakan jika terus terjadi. Saran penulis yang diberikan kepada penyewa dan yang menyewakan ijarah kontrakan rumah harusnya secara tertulis, ada saksi dari masing-masing pihak agar ada bukti yang kuat, terpercaya jika terjadi perselisihan seperti yang terjadi. Juga menyadari hak dan kewajibannya masing-masing sekaligus menghindari keegoisan memikirkan diri sendiri tanpa melihat pihak yang lain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amalia, NailufarNailufaramalia652@gmail.comC02216052
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyafa'at, Abdul Kholiqkholiqsy@yahoo.com2005067104
Subjects: Hukum Islam
Hukum Islam > Ijarah
Hukum Ekonomi
Keywords: Ijarah; Sisa uang ijarah; Kontrakan.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: SH Nailufar Amalia
Date Deposited: 28 Dec 2020 08:02
Last Modified: 28 Dec 2020 08:02
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/45459

Actions (login required)

View Item View Item