Bimbingan dan Konseling Islam dengan Terapi Realitas untuk menangani seorang siswa korban Bullying di MTsN 3 Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rosidah, Lutfiatur (2020) Bimbingan dan Konseling Islam dengan Terapi Realitas untuk menangani seorang siswa korban Bullying di MTsN 3 Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lutfiatur Rosidah_B93216117.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses serta bagaimana hasil dari pelaksanaan bimbingan dan konseling Islam dengan terapi realitas untuk menangani seorang siswa korban bullying di MTsN 3 kota Surabaya. Dalam menjawab permasalahan tersebut peneliti menggunakan pendekatan penelitian kealitatif , dengan jenis penelitian studi kasus. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menjadikan kasus sebagai sarana menjelaskan suatu fenomena dan mengaitkannya dengan teori tertentu. Dalam proses penanganan permasalahan konseli yaitu bullying dan tidak punya teman konselor menggunakan terapi realitas dengan dua strategi utama yakni membangun relasi yang baik dan teknik WDEP. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi yang mana dipaparkan dalam bab penyajian data. Hasil penelitian dari pelaksanaan konseling realitas dengan teknik WDEP dapat di katakana berhasil, dilihat dari pengamatan peneliti pada saat sebelum dan sesudah proses konseling di lakukan. Konseli sudah menunjukan perubahan yang cukup baik, seperti sudah memiliki beberapa teman, belajar mengurangi pembicaraan dan perbuatan yang tidak penting, sudah bisa mencoba mendekati teman dengan cara yang baik, dan bisa menolak jika ia mendapatkan perlakuan kasar (bullying).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rosidah, Lutfiaturrosidahlutfiatur@gmail.comB93216117
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFahmi, Lukmanlukmanfahmi21@g.mail.com2021117301
Subjects: Bimbingan Penyuluhan
Bimbingan Konseling
Bimbingan Belajar
Keywords: Bimbingan dan Konseling Islam; Terapi Realitas; Bullying.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: S.Sos Lutfiatur Rosidah
Date Deposited: 16 Dec 2020 01:56
Last Modified: 16 Dec 2020 01:56
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/45408

Actions (login required)

View Item View Item