Analisis hukum Islam terhadap kebijakan pemerintah desa tentang sewa arena sabung ayam di Desa Sidowungu Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putra, Albarqi Patrio (2020) Analisis hukum Islam terhadap kebijakan pemerintah desa tentang sewa arena sabung ayam di Desa Sidowungu Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Albarqi Patrio Putra_C02216004.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan hasil penelitian lapangan (field research) di Desa Sidowungu Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya data yang terkumpul di analisis menggunakan metode analisa deskriptif kualitatif dengan pola pikir induktif, yaitu dengan cara meneliti fakta dilapangan yaitu praktik sewa arena sabung ayam di Desa Sidowungu Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik yang diuji dengan menggunakan teori Ija>rah dan ‘Urf dari hukum Islam . Hasil penelitian menyimpulkan: pertama, praktik sewa yang dilakukan oleh masyarakat Desa Sidowungu Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik dilakukan antara pengelola arena dengan penyewa arena dengan cara penyewa harus membeli nomer antrian seharga Rp. 10.000,-. Praktik tersebut diperbolehkan dalam hukum Islam karena uji coba ayam tersebut ada batasan untuk melindungi ayam tersebut dari luka parah dan tidak sampai mendzolimi ayam tersebut. Kedua, analisis hukum Islam terhadap kebijakan pemerintah desa tentang sewa arena sabung ayam berkesimpulan bahwa kebijakan tersebut legal karena dalam kebijakan tersebut dicantumkan larangan digunakan untuk judi. Dari kesimpulan diatas penulis memberikan saran kepada pemerintah desa agar membangun arena yang lebih banyak lagi karena dengan dua arena yang ada sekarang itu belum cukup menampung banyaknya pengunjung yang ingin mencoba ayam jagonya. Arena sabung ayam ini juga dapat dijadikan ikon daripada Desa Sidowungu yang memiliki kearifan lokal dan terkenal dengan sebutan kampung ayam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putra, Albarqi Patrioalbarqipatrio@gmail.comC02216004
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBudiono, Mohamadbudielhajj71@gmail.com2-10107101
Subjects: Hukum Islam
Hukum Islam > Ijarah
Kebijakan Publik
Keywords: Sabung ayam; Sewa Menyewa; Sewa lahan.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Albarqi Patrio Putra
Date Deposited: 20 Dec 2020 01:10
Last Modified: 20 Dec 2020 01:10
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/45395

Actions (login required)

View Item View Item