Peranan manajemen perpustakaan dalam menunjang akreditasi di MAN Kota Blitar

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Tanjung, Ipnu Faisal (2020) Peranan manajemen perpustakaan dalam menunjang akreditasi di MAN Kota Blitar. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ipnu Faisal Tanjung_D93213079.pdf

Download (1MB)

Abstract

Perpustakaan merupakan upaya untuk memelihara dan meningkatkan efisiensi dan efektifitas proses belajar-mengajar. Perpustakaan yang terorganisir secara baik dan sisitematis, secara langsung ataupun tidak langsung dapat memberikan kemudahan bagi proses belajar mengajar di sekolah tempat perpustakaan tersebut berada. Manajemen dalam perpustakaan bisa dibahasakan dengan mengatur, mengarahkan, membimbing, mengendalikan, mempengaruhi pustakawan agar dapat bekerja, berkarya, melakukan tugas-tugas kepustakawanan untuk mencapai tujuan perpustakaan. Peranan perpustakaan sekolah didalam dunia pendidikan amatlah penting yaitu untuk membantu terselenggaranya pendidikan yang bermutu. Karena perpustakaan sekolah merupakan salah satu sumber belajar yang ada di sekolah, oleh karena itu, perpustakaan harus menjalankan fungsinya dengan baik untuk menyediakan informasi yang dibutuhkan oleh siswa dan guru. Perpustakaan termasuk dalam salah satu proses penilaian akreditasi sehingga perpustakaan harus mengevaluasi diri untuk membantu menunjang akreditasi sekolah. kelayakan suatu program pendidikan bukan hanya dalam segi perpustakaan atau standar sarana dan prasarananya saja tetapi juga harus didukung dengan standar-standar lainnya, sehingga jika delapan komponen standar sudah mencukupi dan sudah mendapatkan penilaian maka sekolah tersebut sudah mendapatkan pengakuan peringkat kelayakan. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Manajemen perpustakaan MAN Kota Blitar ini cukup baik, dilihat dari perencanaan, struktur organisasi, pelaksanaan, dan pengawasan yang telah membuat daya tarik siswa meningkat, meskipun pengelola perpustakaan MAN Kota Blitar bukan berlatar belakang dari ilmu perpustakaan yakni guru yang menjabat sebagai kepala perpustakaan. 2) Pereranan manajemen perpustakaan MAN Kota Blitar telah banyak memberikan dukungan dalam proses belajar mengajar, yaitu sudah menyediakan buku-buku paket pelajaran yang sesuai dengan kurikulum yang diterapkan di sekolah, dan kondisi perpustakaan yang nyaman menjadi daya tarik siswa untuk mengunjungi perpustakaan, meskipun ada beberapa koleksi buku yang memerlukan pembaruan dan penggandaan koleksi. 3) Kendala utama yang dihadapi di perpustakaan MAN Kota Blitar, yaitu pengelola perpustakaan bukan berlatar belakang dari ilmu perpustakaan, terbatasnya fasilitas penunjang yang ada di perpustakaan, dan perlu adanya pembaruan beberapa koleksi buku.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Tanjung, Ipnu Faisalipnufaisal@gmail.comD93213079
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHuriyah, Liliklilikhuriyah@gmail.com2010028001
Thesis advisorRifa'i, Muh. Khoirulrifai@uinsby.ac.id2012078201
Subjects: Manajemen
Perpustakaan
Keywords: Manajemen Perpustakaan; Akreditasi Sekolah; Perpustakaan.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ipnu Faisal Tanjung
Date Deposited: 18 Dec 2020 10:03
Last Modified: 18 Dec 2020 10:03
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/45386

Actions (login required)

View Item View Item