Sejarah perkembangan arsitektur Masjid Agung Baiturrahman Banyuwangi Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zahro, Fatimatuz (2020) Sejarah perkembangan arsitektur Masjid Agung Baiturrahman Banyuwangi Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fatimatuz Zahro_A92216072.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan historis dan pendekatan kebudayaan. Pendekatan historis digunakan untuk mengkaji sejarah berdirinya dan berkembangnya Masjid Agung Baiturrahman Banyuwangi. Sedangkan pendekatan kebudayaan digunakan untuk mengungkap seni arsitektur yang ada di Masjid Agung baiturrahman. Adapun teori yang digunakan adalah teori tahapan pemikiran Ibn Khaldun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sejarah yang memiliki beberapa tahapan, antara lain heuristik, kritik sumber, interpretasi, dan historiografi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Masjid Agung Baiturrahman Banyuwangi berdiri pada tahun 1773. Didirikan oleh Mas Alit yang saat itu tengah menjabat sebagai Bupati terakhir Blambangan dan Bupati pertama Banyuwangi. 2) perkembangan arsitekturnya hingga kini banyak mengalami perubahan yakni sebanyak lima kali. Hingga kini tidak ada bagian yang tersisa pada bangunan masjid terebut. 3) Pada beberapa bagian yang ada pada bangunan Masjid Agung Baiturrahman Banyuwangi, terdapat beberapa hiasan yang menarik dan tentunya memiliki makna tersendiri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zahro, Fatimatuzfatimatuzzahro1106@gmail.comA92216072
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSusanto, Dwidwi.uinsa@gmail.com2021127702
Subjects: Arsitektur
Sejarah Peradaban Islam
Sejarah
Keywords: Sejarah; Masjid Agung Baturrahman; Arsitektur Masjid.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Fatimatuz Zahro
Date Deposited: 08 Dec 2020 07:45
Last Modified: 08 Dec 2020 07:45
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/45337

Actions (login required)

View Item View Item