Pengaruh media wayang kertas terhadap keterampilan menyimak di RA Al Huda Kedunglo Nganjuk

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Devanti, Kurnia Agustina (2020) Pengaruh media wayang kertas terhadap keterampilan menyimak di RA Al Huda Kedunglo Nganjuk. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Kurnia Agustina Devanti_D98216039.pdf

Download (2MB)

Abstract

Ada beberapa keterampilan berbahasa pada anak usia dini yang penting untuk diajarkan. Salah satunya ialah keterampilan menyimak, berdasarkan hasil observasi keterampilan menyimak di RA Al-Huda Kedonglo Nganjuk masih kurang, Hal ini dibuktikan ketika proses pembelajaran anak-anak kurang fokus dan kurang memperhatikan guru. Selain itu guru juga belum memanfaatkan atau menggunakan media pembelajaran sebagai penunjang proses belajar mengajar. Hal ini yang mlatarbelakangi peneliti menggunakan media wayang kertas sebagai media pada keterampilan menyimak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keterampilan menyimak siswa yang diajar dengan menggunakan media wayang kertas dan yang tidak diajar menggunakan media wayang, dan untuk membuktikan adakah pengaruh media wayang terhadap keterampilan menyimak kelompok B di RA Al-Huda Kedonglo Nganjuk. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah kuantitatif dengan menggunakan pendekatan eksperimen. penelitian ini termasuk dalam penelitian Quasi Experimental Design dengan bentuk desain Non-equivalent Control Group Design. Di mana terdapat kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sebagai pembanding. Dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji prasyarat, dan uji hipotesis (Uji t) dengan bantuan program SPSS 16 for windows.Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan media wayang kertas terhadap keterampilan menyimak di RA AL-Huda Kedonglo Nganjuk. Hal ini dapat dilihat dari hasil peningkatan nilai rata-rata kelompok eksperimen dari 16,45 menjadi 22,45. Hasil perhitungan Uji t dapat dilihat pada”mean difference” adalah sebesar 3,250. Nilai ini menunjukkan selisih rata-rata kelompok eksperimen dan kelompok kontrol pada posttest yaitu 22,45-19,20 = 3,250 dan selisih perbedaan tersebut adalah 1.833 sampai 4.667 (95% confidence interval off difference lower upper). Dan berdasarkan analisis data diketahui bahwa nilai sig. < 0,05 (0,000 < 0,05) maka H0 ditolak dan H1 diterima. Maka dari itu dapat dinyatakan bahwa media wayang kertas berpengaruh terhadap keterampilan menyimak di RA Al-Huda Kedonglo Nganjuk.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Devanti, Kurnia Agustinaniadevanti@gmail.comD98216039
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTamwifi, Irfanirfantamwifi@uinsby.ac.id2002017001
Thesis advisorSyafii, Imamimams@uinsby.ac.id197011202000031002
Subjects: Pendidikan > Media
Pendidikan > Pembelajaran
Wayang
Keywords: Media wayang kertas; Keterampilan menyimak; Anak usia dini.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Kurnia Agustina Devanti
Date Deposited: 04 Dec 2020 01:30
Last Modified: 04 Dec 2020 01:30
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/45317

Actions (login required)

View Item View Item