Terapi Realitas dengan Teknik Cognitive Restructuring untuk menangani kecemasan diskriminasi pada Narapidana di Rutan Klas 1 Medaeng Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Danny, Irawan (2020) Terapi Realitas dengan Teknik Cognitive Restructuring untuk menangani kecemasan diskriminasi pada Narapidana di Rutan Klas 1 Medaeng Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Danny Irawan_B93216108.pdf

Download (2MB)

Abstract

Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana terapi realitas dengan teknik cognitive restructuring untuk menangani kecemasan diskriminasi pada narapidana di Rutan Klas 1 Medaeng Surabaya?; (2) Bagaimana hasil terapi realitas dengan teknik cognitive restructuring untuk menangani kecemasan diskriminasi pada narapidana di Rutan Klas 1 Medaeng Surabaya? Untuk menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan analisa studi kasus seorang narapidana yang mengalami kecemasan terhadap tindak diskriminasi di Rutan Klas 1 Medaeng Surabaya. Analisis menggunakan teknik wawancara dan observasi. Analisis data menggunakan deskriptif komparatif, dengan membandingkan keadaan sebelum dan sesudah proses konseling. Penelitian ini menggunakan teknik penyembuhan cognitive restructuring. Proses terapi realitas dengan teknik cognitive restructuring untuk menangani kecemasan diskriminasi pada narapidana dilakukan oleh konselor dengan cara memberikan penguatan kepada konseli dan melatih agar konseli dapat meruabah pola pikir yang negatif menjadi pola pikir yang positif. Hal ini dilakukan agar konseli dapat mengatasi kecemasan secara berlebihan yang sering muncul dalam pikirannya. Hasil akhir dari proses terapi realitas dengan teknik cognitive restructuring dalam penelitian ini dapat dikatakan cukup berhasil. Hal itu dapat dilihat dari adanya perubahan perilaku konseli terhadap kecemasannya. Selain itu, konseli juga menunjukkan perubahan perilaku, seperti lebih percaya diri, dan mulai berkurangnya pola pikir yang salah dalam dirinya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Danny, Irawandanny.irawan25@gmail.comB93216108
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLaila, Faizah Noer--2011126001
Subjects: Bimbingan Konseling
Psikologi Islam
Psikologi > Kecemasan
Keywords: Terapi Realitas; Cognitive Restructuring; Kecemasan; Diskriminasi.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Danny Irawan .
Date Deposited: 04 Dec 2020 00:54
Last Modified: 04 Dec 2020 00:54
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/45311

Actions (login required)

View Item View Item