Epistemologi tafsir al-Amthal fiy Tafsir Kitab Allah al-Munzal Karya Nasir Makarim al-Shirazi: kajian atas pemikiran Nasir Makarim al-Shirazi tentang konsep Tuhan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khamid, Abdul (2020) Epistemologi tafsir al-Amthal fiy Tafsir Kitab Allah al-Munzal Karya Nasir Makarim al-Shirazi: kajian atas pemikiran Nasir Makarim al-Shirazi tentang konsep Tuhan. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Abdul Khamid_F02516108.pdf

Download (2MB)

Abstract

Nasir Makarim dengan karyanya, tafsir al-Amthal ini tidak hanya mengutip riwayah dari ulama’ Shi’ah tetapi ia juga mengutip riwayah dari ulama’ Sunni padahal Nasir Makarim seorang Shi’ah. Pada era globalisasi ini dan iklim demokrasi di Indonesia yang mana setiap orang punya kebebasan berbicara, di Youtube, beberapa oknum Katholik menceritakan bahwa masing-masing dari mereka dulunya beragama Islam lalu berpindah ke agama Katholik dengan berbagai alasan. Mereka mengajak orang-orang Islam untuk murtad dan jadi Katholik dengan menggunakan beberapa argumen. Menurut peneliti, ini berbahaya karena punya potensi untuk menggoncangkan iman umat Muslim. Akhirnya peneliti membahas tema tentang konsep Tuhan ini untuk mengingatkan kembali kepada umat Muslim tentang keimanan Islam. Maka, peneliti akan mengkaji kitab tafsir ini lebih jauh dalam perspektif epistemologi khususnya yang berkaitan dengan pemikiran tentang konsep Tuhan yang terdapat dalam kitab ini. Kajian dalam penelitian ini adalah tentang definisi epistemologi, metode tafsir al-Amthal karya Nasir Makarim dan nau’nya, dan pemikiran Nasir Makarim tentang Tuhan. Tujuan dari penelitian ini ialah mendeskripsikan tentang definisi epistemologi, mendeskripsikan tentang metode tafsir al-Amthal karya Nasir Makarim dan nau’nya, dan menjelaskan tentang pemikiran Nasir Makarim tentang Tuhan. Penelitian ini termasuk dalam kajian kepustakaan. Bahan primer penelitian ini ialah tafsir al-Amthal. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumen, kemudian dilakukan pengolahan data dengan teknik editing, coding, dan pengorganisasian data. Setelah itu barulah dilakukan analisis data menggunakan content analysis guna menemukan, mengidentifikasi, mengolah dan menganalisis bahan penelitian untuk memahami makna, signifikansi dan relevansinya. Hasil penelitian, epistemologi adalah cabang dari filsafat yang berkaitan dengan teori pengetahuan. Peneliti membahas teori tentang konsep Tuhan dalam tesis ini. Metode Tafsirnya ialah Tahlili dan Muqarin. Sedangkan nau’nya adalah Ijtima’i. Nasir Makarim menjelaskan dalam penafsiran ayat “Segala puji bagi Allah, Tuhan seluruh alam.” (al-Fatihah [1]: 2) bahwa ayat ini maknanya ialah menolak doktrin banyak tuhan dan Yang berhak disembah hanyalah Allah. Begitulah pemikiran Nasir Makarim tentang Tuhan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khamid, Abdulabdulhamid.hasyim@gmail.comF02516108
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHadi, Abd.UNSPECIFIED2018115501
Thesis advisorHasyim, Muh. Fathonimufah.hasyim@gmail.com2010015601
Subjects: Tuhan
Keywords: Tafsir; Konsep Tuhan.
Divisions: Program Magister > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Abdul Khamid
Date Deposited: 08 Dec 2020 03:26
Last Modified: 08 Dec 2020 03:26
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/45307

Actions (login required)

View Item View Item