PENELITIAN TINDAKAN KELAS PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH MATERI MENYEBUTKAN RUKUN ISLAM MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DI KELAS I MI HASANUDDIN KARAH JAMBANGAN SURABAYA

Nasroh, Siti (2014) PENELITIAN TINDAKAN KELAS PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH MATERI MENYEBUTKAN RUKUN ISLAM MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DI KELAS I MI HASANUDDIN KARAH JAMBANGAN SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (103kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Make AMatch dalam meningkatkan hasil belajar pelajaran fiqih materi rukun Islam pada siswa kelas 1 MI Hasanuddin Jambangan Surabaya. Penelitian ini menitikberatkan pada hasil belajar yang dicapai oleh siswa, aktivitas siswa serta kinerja guru dalam proses pembelajaran.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas yaitu penelitian yang dilakukan di dalam kelas dengan tujuan memperbaiki atau meningkatkan mutu urutan pembelajaran. Tindakan pada penelitian ini ada lima langkah yaitu : perencanaan, tindakan, observasi, dan 2 siklus.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukan bahwa hasil evaluasi belajar siswa dalam pembelajaran fiqih mengalami peningkatan, hasil belajar pada pra siklus siswa kelas 1 sebagai berikut : dari 29 siswa yang memperoleh nilai sangat kurang sebanyak 19 orang atau 65,51%, katagori kurang sebanyak 6 siswa atau 20,69%,Katagori cukup sebanyak 2 siswa atau 6,90%, Katagori baik 0 siswa atau 0,00%, Katagori baik sekali 2 siswa atau 6,90%, pada siklus 1 terdapat 14 siswa katagori baik sekali 48,28%, siswa berkatagori baik 3 siswa 10,34%, siswa berkatagori cukup 11 siswa 37,93%, siswa berkatagori kurang sekali 1 siswa 3,45%, pada siklus 2 terdapat 18 siswa berkatagori baik sekali 62,07%, berkatagori baik 10 siswa 34,48%, sedangakan sisanya berkatagori kurang 1 siswa 3,45% dikarenakan siswa ini tidak lancar membaca dan menulis.
Aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan pada pra siklus keaktifaan siswa 6,90 % sedangkan 65,51% siswa pasif, siklus 1 keaktifan siswa 48,28% siswa yang pasif sebanyak 3,45%, siklus 2 keaktifan siswa pada kelas 1 dalam pembelajaran fiqih mencapai 62,07% ( sangat baik ).Hasil pengamatan pada kinerja guru pada siklus 1 88% dengan kriteria baik dan pada siklus 2 kinerja guru mempunyai prosentase 94% dengan kriteria sangat baik atau (A).

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: A. Yusam Tobroni
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Make a Match; Pelajaran Rukun Islam; Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Abdul Wahid------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 09 Feb 2015 04:48
Last Modified: 09 Feb 2015 04:48
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/453

Actions (login required)

View Item View Item