Pesan Dakwah "Nasihat Islami Gara-Gara Status" Yufid.TV di Youtube

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Haryanti, Firda Dwi (2020) Pesan Dakwah "Nasihat Islami Gara-Gara Status" Yufid.TV di Youtube. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Firda Dwi Haryanti_B01216017.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang pesan yang ada dalam video “Nasihat Islami Gara: gara Status” yang di unggah oleh chanel Yufid.TV di media sosial Youtube. Masalah yang difokuskan dalam penelitian ini adalah bagaimana pesan dakwah yang ada dalam video Nasihat Islami: Gara-gara Status”, yakni meliputi pesan Akidah, Syariah dan Ahklak. Apa saja pesan yang terdapat dalam video tersebut?. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis semiotik kulitatif deskriptif. Yang menggunakan jenis pendekatan konten yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan video yang berformat MP4 yang di unduh dari media sosial Youtube di chanel Yufid.TV, kemudian diobservasi secara mendalam oleh peneliti untuk mendapatkan hasil yang jelas dan akurat. Teknik analisi data dalam penelitian ini menggunakan analisis semiotik model Roland Barthes. Kesimpulan penelitian ini, bahwa dalam video “Nasihat Islami Gara: gara Status” mengandung unsur pesan, yakti pesan dakwah yang meliputi Akidah, Akhlak, dan Syariah. Yang kesimpulannya bahwa video ini memberikan nasihat bahwa seorang muslim wajib melaksankan kewajiban dalam beribadah, yang dilakukan dengan Ikhlas serta menghindari perilaku Riya’ dengan tidak menggumbar kegiatan ibadahnya ke media sosial. Karena sejatinya ibadah dilakukan hanya karena mencari ridha Allah semata bukan untu mencari pujian dari orang lain. Rekomendasi dan saran untuk penelitian selanjutnya agar bisa mengembangkan lagi secara lebih dalam mengenai penelitian analisis semiotik model Roland Barthes pada video pesan dakwah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Haryanti, Firda Dwifirdadwuh@gmail.comB01216017
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAffandi, Masduqirusydalama@gmail.com2021015702
Subjects: Iklan
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Film > Film -- Aspek Keagamaan
Keywords: Pesan; Yufid.TV; Youtube.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Firda Dwi Haryanti
Date Deposited: 02 Dec 2020 03:45
Last Modified: 02 Dec 2020 03:45
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/45296

Actions (login required)

View Item View Item