Optimalisasi Wakaf Uang dalam Kemaslahatan Umat di Jawa Timur: studi kasus BMT MUDA Jatim

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hisam, Mochammad (2020) Optimalisasi Wakaf Uang dalam Kemaslahatan Umat di Jawa Timur: studi kasus BMT MUDA Jatim. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mochammad Hisam_F02418148.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan melakukan pendekatan diskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi dan studi pustaka yang berkaitan dengan strategi dan pengoptimalan dari adanya program dana wakaf uang di BMT MUDA Jatim. Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa Ada beberapa langkah yang di lakukan oleh pengurus BMT MUDA Jatim diantaranya melakukan beberapa strategi untuk mendapatkan sumber dana wakaf uang seperti memberi pemahaman seputar dana wakaf uang kepada calon anggota, mempersilahkan kepada anggota untuk juga berpartisipasi mencari donatur program dana wakaf uang. Pengoptimalan untuk mengembangkan dari program ini juga dilakukan dengan melakukan kerjasama dengan para pembisnis perdagangan dan proyek yang bisa sama-sama memberikan sahingga bisa dari adanya dana wakaf uang bisa dimanfaatan dengan baik untuk membantu kegiatan sosial, individual masyarakat yang membutuhkan uluran tangan serta sarana-sarana yang ada kampung sehingga dari program ini bisa dirasakan oleh masyarakat. Dalam pelaksanaan program dana wakaf uang ada beberapa yang menjadi kendala seperti pencarian sumber dana wakaf uang, mencari kerjasama dengan pihak yang tepat sehingga di sini pengurus BMT melakukan beberapa hal sebagai solusi seperti menganjurkan kepada anggota lainnya untuk turut andil mencari donatur dan melakukan seleksi dengan beberapa kriteria kepada pihak yang akan melakakun kerjasama. Saran penulis bagi lembaga BMT MUDA Jatim dalam memberdayakan program dana wakaf uang diantaranya Pengoptimalan sosialisasi berupa informasi seputar program dana wakaf uang kepada anggota maupun masyarakat umum secara variasi baik berupa pamflet cetak, gambar grafis/video kreatif sehingga menjadi lebih menarik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hisam, Mochammadhisammalam33@gmail.comF02418148
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHaq, Faishalfaishalhaq50@gmail.com2020055001
Thesis advisorGhozali, Muhammad Lathoifmuhammadlathoif@gmail.com2003117501
Subjects: Manajemen
Wakaf
Keywords: Strategi; Manajemen; Wakaf Uang; Kemaslahatan Umat.
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mochammad Hisam
Date Deposited: 07 Dec 2020 01:13
Last Modified: 07 Dec 2020 01:13
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/45278

Actions (login required)

View Item View Item