Pemikiran Tauhid Antroposentris Hassan Hanafi dan Tauhid Sosial Amien Rais: sebuah studi perbandingan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nanda, Octaviani Erman (2020) Pemikiran Tauhid Antroposentris Hassan Hanafi dan Tauhid Sosial Amien Rais: sebuah studi perbandingan. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Octaviani Erman Nanda_F02118040.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan kajian pustaka yang berusaha mengkomparasikan dua konsep tauhid, dan menggambarkan sebuah konstruk tauhid yang aplikatif menuju Islam profetik. Penelitain ini dilatar belakangi oleh fenomena-fenomena sosial yang terjadi di negara mayoritas Muslim, serta kemunduran peradaban Islam, buah dari kejumudan berfikir. Sosok Hassan Hanafi dan Amien Rais juga menjadi aspek yang melatar belakangi penelitian ini, keduanya merupakan sosok reformis Muslim, yang berusaha mengembalikan kejayaan peradaban Islam, yang telah lama tenggelam. Dua tokoh tersebut juga kerap kali menuai kontroversi dari buah fikirnya. Hal-hal tersebut, yang menggugah keinginan penulis dalam melakukan penelitian ini. Penelitian adalah penelitian kualitatif yang memiliki fokus pada studi tokoh. Metode pengumpulan data yang digunakan oleh penulis dalam penelitiannya adalah studi kepustakaan, analisa data yang digunakan adalah deskriptif-komparatif. Penulis mendeskripsikan konsep pemikiran tauhid antroposentris Hassan Hanafi dan tauhid sosial Amien Rais. Melalui hasil perbandingan pemikiran kedua tokoh tersebut tentang tauhid, penulis dapat menemukan titik temu dan tolak diantara keduanya. Tujuan penulis melakukan komparasi, untuk dapat menemukan konstruk tauhid yang sesuai dengan konteks saat ini, sehingga taka da lagi paham yang mencoba menyingkirkan agama dalam ruang kehidupan manusia. Sesuai dengan rumusan masalah yang terdapat dalam penelitian ini, penulis mencoba untuk mendeskripsikan dan mengkomparasikan kedua gagasan tersebut. Dan sebagai bentuk kontribusi penulis dalam penelitian ini, penulis mencoba untuk menghadirkan konsep tauhid yang aplikatif, menuju Islam profetik, sehingga Islam dapat hadir di ruang publik. Tauhid aplikatif yang penulis hadirkan merupakan sebuah proses pengaplikasiaan nilai-nilai yang terkandung dalam tauhid serta ajaran-ajaran Islam, yang sangat erat kaitannya dengan kehidupan pribadi dan juga sosial.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nanda, Octaviani Ermanoctavianierman620@gmail.comF02118040
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBiyanto, Biyantomrbiyanto@gmail.com2010107204
Subjects: Filsafat > Filsafat Islam
Pemikiran
Keywords: Tauhid; Antroposentris; Sosial.
Divisions: Program Magister > Filsafat Agama
Depositing User: Octaviani Erman Nanda
Date Deposited: 27 Nov 2020 10:30
Last Modified: 27 Nov 2020 10:30
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/45262

Actions (login required)

View Item View Item