Analisis Ijarah dan PP No. 74 Tahun 2014 terhadap tambahan muatan pada jasa transportasi barang: studi tentang sewa menyewa Mobil Pick Up Di Kelurahan Sebani Kota Pasuruan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arifin, Zainul (2019) Analisis Ijarah dan PP No. 74 Tahun 2014 terhadap tambahan muatan pada jasa transportasi barang: studi tentang sewa menyewa Mobil Pick Up Di Kelurahan Sebani Kota Pasuruan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zainul Arifin_C02215077.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian yang berjudul Analisis Ijarah dan PP No. 74 tahun 2014 terhadap tambahan muatan pada jasa transportasi barang (Studi tentang sewa menyewa pick up di Kelurahan Sebani Kota Pasuruan) merupakan penelitian yang disandarkan pada praktik jasa angkut di sebuah Kelurahan Sebani. Penelitian ini menjawab dua pertanyaan besar, yaitu bagaimana praktik tambahan muatan pada sewa menyewa mobil pick up di Kelurahan Sebani Kota Pasuruan dan bagaimana analisis ija>rah dan PP No. 74 tahun 2014 terhadap tambahan muatan pada sewa menyewa mobil pick up di Kelurahan Sebani Kota Pasuruan. Penelitian ini menggunakan metode field research yang bertumpu pada penelitian di lapangan dengan pendekatan deskriptif yang dilakukan dengan cara mendeskripsikan variable-variabel masalah yang dimuat dalam skripsi ini yang dilekngkapi dengan wawancara serta dokumentasi sebagai media untuk mendapatkan data-data yang diperoleh. Berdasarkan hasil yang didapatkan, dalam praktik sewa menyewa mobil pick up yang difungsikan untuk mengirim barang berupa mebel, ternyata praktik tersebut belum berjalan sebagaimana mestinya sebab belum terpenuhi syarat sahnya secara sempurna. Ditambah tidak adanya kejelasan secara spesifik terkait barang yang akan dimuat ataupun ketika barang tersebut dilebihkan muatannya. Sedangkan bila ditinjau dari perspektif Peraturan Pemerintah No 74 tahun. 2014 tentang Angkutan Jalan Pasal 60 hingga 61, tentu merupakan peraturan yang secara mutlak harus ditaati oleh warganya. Hal ini tentu senada dengan ayat dalam surah An-Nisa’ ayat 59 tentang kewajiban taat pada pemimpin. Sehingga, praktik- praktik demikian seharusnya dapat menaati peraturan yang berlaku.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arifin, ZainulDavid1gepenk@gmail.comC02215077
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBudiono, Muhammadbudielhajj71@gmail.com2-10107101
Subjects: Agama
Hukum
Pedagang
Keywords: Ijarah; Sewa Menyewa: Uang Tips; Uang Tambahan.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Zainul Arifin
Date Deposited: 27 Nov 2020 12:11
Last Modified: 27 Nov 2020 12:11
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/45260

Actions (login required)

View Item View Item