Persepsi guru dan peserta didik terhadap pembelajaran Al-Qur'an Hadist dan Fiqih berbantuan Android Games: studi kasus di SD. Mursyidah Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mubarokah, Arzaqillah (2020) Persepsi guru dan peserta didik terhadap pembelajaran Al-Qur'an Hadist dan Fiqih berbantuan Android Games: studi kasus di SD. Mursyidah Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Arzakillah Mubarokah_F02318074.pdf

Download (3MB)

Abstract

Dengan pesatnya kemajuan teknologi yang ada sekarang, banyak hal dalam kehidupan yang sedikiti demi sedikit berubah termasuk dalam aspek pendidikan. Proses belajar mengajar tidak lagi hanya berfokus pada penggunaan satu atau dua buku pedoman saja, namun sudah mengintegrasikan kecanggihan teknologi seperti gadget dan koneksi internet didalamnya. Contohnya adalah dengan adanya pemanfaatan game android edukatif oleh pendidik dalam mata pelajaran Al-Quran Hadits (Qurdits) dan fiqih. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi guru dan peserta didik terhadap penerapan game edukasi bertajuk game Tajwid Petualangan dan game fiqih Marbel (Mari Belajar) Sholat di SD Mursyidah Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif agar data bisa dideskripsikan secara mendalam dan mendetail. Setelah mewawancarai pengajar dan peserta didik, dapat disimpulkan bahwa penggunaan kedua games edukatif tersebut diatas memberikan banyak manfaat kepada masing-masing pihak khususnya terhadap peserta didik, seperti bertambahnya minat belajar siswa, pembelajaran dikelas lebih komunikatif dan menyenangkan dan meningkatnya hasil belajar siswa. Selain dari pada itu, tantangan baru juga dirasakan oleh guru untuk bisa menggunakan games tersebut seefektif mungkin dan menjembatani siswa untuk memilih games android yang bermanfaat bagi mereka diluar kelas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mubarokah, Arzaqillaharzaqi.pbi@gmail.comF02318074
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAbitolkha, Amir Malikiamir.abitolkha@gmail.com2008117102
Thesis advisorSihabudin, Sihabudinbudinsihab77@gmail.com2020027701
Subjects: Pendidikan
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Media
Pendidikan > Media
Keywords: Persepsi guru; Persepsi peserta didik; Implementasi pembelajaran; dan android games.
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ARZAQILLAH MUBAROKAH
Date Deposited: 29 Nov 2020 12:11
Last Modified: 29 Nov 2020 12:11
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/45256

Actions (login required)

View Item View Item