Zikir dan implementasinya sebagai penenang hati: kajian tematik surah al-Ra’d ayat 28

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Istiqomah, Hamidatul (2020) Zikir dan implementasinya sebagai penenang hati: kajian tematik surah al-Ra’d ayat 28. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hamidatul Istiqomah_E03213034.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kajian dalam penelitian ini merupakan kajian tematik dengan fokus pada surah Al-Ra’d ayat 28. Tema besar dalam kajian ini adalah Zikir dan Implementasinya sebagai Penenang Hati. Dua permasalahan pokok yang hendak di angkat adalah 1) bagaimana pandangan mufasir tentang ketenangan hati yang tersurat ataupun tersirat dalam surah Al-Ra’d ayat 28, dan 2) bagaimana implikasi dhirullāh dan penerapannya dalam membangun ketenangan hati. Secara teoritis dan praktis, kajian dalam penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan keilmuan baik di lingkangan akademik atau khalayak pada umumnya. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan model library reseach. Penelitian kualitatif adalah jenis penelitian yang hasil penemuannya didapatkan tidak melalui prosedur pengukuran atau statistik. Deskriptif di sini maksudnya adalah data-data yang dikumpulkan, disajikan dan digambarkan dalam bentuk uraian atau paparan narasi. Sementara yang dimaksud library reseach adalah model penelitian yang membatasi kegiatan penelitian selama memperoleh data pada sumber kepustakaan tanpa memerlukan riset lapangan. Beberapa kesimpulan yang diperoleh dari kajian ini antara lain adalah Dengan dhikrullāh (mengingat Allah), seseorang akan sangat terbantu untuk mengatasi berbagai kepelikan dan masalah-masalah yang sedang melanda hati. Untuk sekedar menyebut beberapa manfaat dan implementasi zikir sebagai penenang hati antara lain adalah memandu seseorang dalam memaknai hidupnya secara positif. Ini dapat digapai ketika ia mamiliki kepercayaan diri di setiap tindakan atau rencana-rencana untuk kehidupan kedepan, mampu mengontrol hatinya, dan pada tahap selanjutnya adalah aktualisasi diri. Zikir juga mampu memberikan sentuhan semangat bagi orang-orang yang sedang merasa putus asa. Cara berpikirnya akan tercerahkan dan selamat dari berprasangka buruk serta membuat seseorang melangkah menuju kematangan cita-cita hidup. Hatinya lapang dan penuh dengan rasa syukur. Tidak ada rasa hawatir yang berlebihan, sehingga ekspresi hidupnya tidak lain adalah kebahagiaan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Istiqomah, Hamidatulhamidatulistiqomah99@gmail.comE03213034
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIffah, Iffahivamuzammil@yahoo.co.id2013076901
Subjects: Doa dan Zikir
Tafsir
Keywords: Zikir; surah Al-Ra’d ayat 28; Ketenangan hati.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Hamidatul Istiqomah
Date Deposited: 26 Nov 2020 22:42
Last Modified: 26 Nov 2020 22:42
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/45251

Actions (login required)

View Item View Item