Membangun kerukunan antar umat beragama Berbasis Etika: studi analisis Pemikiran Franz Magnis Suseno

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Agustin, Aulia (2020) Membangun kerukunan antar umat beragama Berbasis Etika: studi analisis Pemikiran Franz Magnis Suseno. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aulia Agustin_E02216005.pdf

Download (1MB)

Abstract

Peneliti tertarik untuk mengangkat judul ini karena etika dapat menjadi salah satu tawaran konsesus kerukunan. Penelitian ini mengkaji etika Franz Magnis karena merujuk pada tatanan etika individu yang dianggap paling mendasar dalam keberhasilan. Dalam kajian skripsi ini, peneliti merumuskan tiga rumusan masalah, yaitu: 1) Bagaimana mengembangkan diri dalam membangun kerukunan antar umat beragama menurut Franz Magnis Suseno? 2) Bagaimana melepaskan diri dari sikap anti kerukunan antar umat beragama menurut Franz Magnis Suseno? 3) Bagaimana sikap menerima diri dalam kerukunan antar umat beragama menurut Franz Magnis Suseno?. Kajian dalam skripsi ini tujuannya adalah untuk menjawab persoalan dari tiga rumusan masalah yang telah dirumuskan tersebut. Sumber data utama dari penelitian ini diperoleh dalam buku Etika Dasar: Masalah-masalah Pokok Filsafat Moral. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa teori etika yang digagas oleh Franz Magnis Suseno yang digolongkan ke dalam tiga kelompok, yaitu: Pertama, mengembangkan diri. Setiap orang secara aktif harus mengembangkan bakat dan potensi diri dalam komunikasi dialog lintas agama. Kedua, melepaskan diri. Setiap orang harus melepaskan diri dari sikap yang berbentuk hasutan dan kebencian, serta melepaskan diri sikap beragama yang dapat memicu disintegrasi. Ketiga, menerima diri. Setiap orang harus menerima batasan diri dalam lingkungan, melalui sikap toleransi hidup di Indonesia dengan kemajemukan yang ada.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Agustin, AuliaAuliaagustin5@gmail.comE02216005
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYaqin, Haqqulhaqqulyaqin2010@gmail.com2113027201
Subjects: Kerukunan Beragama
Etika
Keywords: Etika; Mengembangkan diri; Melepaskan diri; Menerima diri, Kerukunan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Perbandingan Agama
Depositing User: Aulia Agustin
Date Deposited: 26 Nov 2020 10:21
Last Modified: 26 Nov 2020 10:21
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/45249

Actions (login required)

View Item View Item