Konseling Islam dengan Teknik Modeling untuk mengubah perilaku berbusana tidak Islami pada Mahasiswi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pratama, Satrio Wahyu (2020) Konseling Islam dengan Teknik Modeling untuk mengubah perilaku berbusana tidak Islami pada Mahasiswi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Satrio Wahyu Pratama_B93216127.pdf

Download (2MB)

Abstract

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan analisa studi kasus terhadap seorang mahasiswi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabya. Analisis menggunakan teknik wawancara dan observasi. Analisis data menggunakan deskriptif komparatif, dengan membandingkan keadaan sebelum dan sesudah proses konseling. Penelitian ini menggunakan teknik penyembuhan modeling. Proses konseling islam dengan teknik modeling untuk merubah perilaku berbusana tidak islami terhadap mahasiswi dilakukan konselor dengan cara mengamati perilaku model yang dipilih terlebih dahulu. Dilain pertemuan konselor mempertemukan konseli dengan model. Hal ini bertujuan agar timbul pernyataan yang sifatnya timbal balik antara model dengan konseli mengenai hasil pengamatan terhadap sang model. Ditambah memberikan arahan sebagai pekerjaan rumah konseli untuk mencontoh perilaku berbusana model. Dengan cara ini konseli dapat belajar atau adaptasi dengan gaya busana baru yang ia kenakan. Dan yang terakhir konseli menggunakan penguatan dengan metode ceramah.Hasil akhir dari proses konseling degan menggunakan teknik modeling dalam penelitian ini cukup berhasil. Hal tersebut dapat dilihat dari perubahan perilaku berbusana konseli yang sekarang menggunakan busana lebih terlihat sopan dan islami. Perubahan ini terlihat dari bagian busana yang cenderung sopan dan menutupi lekuk tubuhnya dengan sempurna.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pratama, Satrio Wahyusatriow1612@gmail.comB93216127
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAl Hana, Rudyrudialhana@yahoo.co.id2009036802
Subjects: Bimbingan Konseling
Remaja, Gaya hidup
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Konseling Islam; Teknik Modeling; Perilaku Berbusana Tidak Islami.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Satrio Wahyu Pratama
Date Deposited: 26 Nov 2020 01:09
Last Modified: 26 Nov 2020 01:09
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/45233

Actions (login required)

View Item View Item