Konsep Bid'ah dalam perspektif Al-qur'an: kontekstualisasi perbedaan pemahaman bid'ah pada kelompok-kelompok Islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nikmah, Choirin (2020) Konsep Bid'ah dalam perspektif Al-qur'an: kontekstualisasi perbedaan pemahaman bid'ah pada kelompok-kelompok Islam. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Choirin Nikmah_E73213116.pdf

Download (2MB)

Abstract

Karya tafsir merupakan produk budaya yang lahir dari proses dialektika atau mufassir dalam kondisi sosial yang menjadi latar belakang penulisan sebuah penafiran. Pembahasan yang sangat menarik didalam kondisi sosial umat islam yaitu penafsiran konsep bid’ah dalam Al-qur’an dan kontekstualisasi bid’ah pada kelompok-kelompok islam.Pembahasan ini sangat menarik untuk dibahas karena problematika umat islam yang dari dulu belum terpecahkan yaitu mengenai bid’ah. Pembahasan mengenai bid’ah terdapat pada banyak hadis dan belum ada penelitian yang meneliti bid’ah perspektif al-quran dan pembahasan mengenai bid’ah ini menuai pengertian yang berbeda-beda pada tiap individu ataupun kelompok-kelompok islam. Problematika ini sangat jelas terjadi pada kelompok-kelompok islam dan mereka saling menjatuhkan satu sama lain dengan alasan bahwasannya perbuatan yang dilakukan oleh kelompok lain adalah bid’ah tanpa tahu pendapat atau pedoman Al-quran dan hadis yang digunakan dalam melakukan perbuatan tersebut maka dalam melakukan hal tersebut perbuatan itu dianggap sebagai perbuatan bid’ah, dengan kata lain pembahasan mengenai bid’ah ini akan dapat memecah belahkan umat islam. Dalam hal itu rumusan masalah pada karya penelitian ini terdapat pada dua hal yakni bagaimana konsep bid’ah didalam perspektif al-qur;an dan bagaimana kotekstualisasi bid’ah pada kelompok-kelompok islam, maka dalam hal ini penulis menggunakan metodelogi mixed methods, dimana penulis menggunakan pengumpulan data dari buku-buku maupun dari tafsir kemudian penulis melakukan wawancara kepada kelompok-kelompok islam yang meliputi NU, Muhammaddiyah, Salafi. Jika kedua hal itu telah dicapai maka akan dicapai pembahasan mengenai bid’ah dengan jelas, yang meliputi definisi, jenis, hukum, kata bid’ah dalam al-quran dan menurut para mufasir serta bid’ah menurut pandangan kelompok-kelompok islm. Maka dapat disimpulkan bahwasannya bid’ah perspektif al-Qur’an ialah menciptakan sesuatu tanpa adanya contoh sebelumnya. Permasalahan mengenai bid’ah yang belum terselesaikan sampai saat ini ternyata problem ini telah ada sejak zaman nabi Isa dimana mereka melebih-lebihkan sesuatu karena ingin mencari keridhan Allah, dan hal itu terjadi hingga saat ini dan jika Pengertian bid’ah menurut kelompok-kelompok ini yakni perbuatan atau perilaku yang tidak diajarkan oleh rasul maupun para sahabat, mengenai definisi ini mereka memiliki definisi yang sama tetapi pemahaman yang berbeda menganai hukumnya yang berdasarkan dari pembagian bid’ah. Jadi menurut al-Qur’an yang terdapat pada surat al-hadid ayat 27 bahwasannya perbuatan yang dikatakan bid’ah yang sesat ialah bid’ah yang keluar dari syariat islam tetapi jika perbuatan yang tidak dicontohlan oleh nabi tetapi perbuatan tersebut semata-mata untuk mendapatkan ridha Allah maka bagi yang melakukanya akan mendapat pahala dan jika tidak melakukannya tidak apa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nikmah, Choirinchoirin2808@gmail.comE73213116
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHasan, Muzayyanah MuhtasimMuzayyanah.iain@gmail.com195812311997032001
Thesis advisorBilla, Mutamakkinmakinbill.gmail.com197709192009011007
Subjects: Bid'ah
Keywords: Bid'ah; Organisasi Muslim;
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: CHOIRIN NIKMAH
Date Deposited: 04 Dec 2020 08:05
Last Modified: 04 Dec 2020 08:05
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/45221

Actions (login required)

View Item View Item