Aktivisme tokoh muda dalam menangkal radikalisme di media social: telaah praktik deradikalisasi Ainur Rofiq Al-Amin

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Widyaningrum, Siska (2020) Aktivisme tokoh muda dalam menangkal radikalisme di media social: telaah praktik deradikalisasi Ainur Rofiq Al-Amin. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siska Widyaningrum_E21216084.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang aktivisme yang dilakukan oleh Ainur Rofiq Al-Amin dalam menangkal radikalisme di media sosial. Peneliti menggunakan teori konstruksi sosial dari Peter L. Berger untuk menganalisis pemikiran Ainur Rofiq Al-Amin. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan aktivisme tokoh muda (Ainur Rofiq Al-Amin) dalam menangkal radikalisme di media sosial dan praktik deradikalisasinya. Ada permasalahan penting yang perlu dijawab di penelitian ini; (1) bagaimana praktik deradikalisasi Ainur Rofiq Al-Amin sebagai tokoh muda dalam melakukan aktivisme untuk menangkal radikalisme di media sosial. (2) bagaimana teori konstruksi sosial Peter L. Berger dalam menganalisis praktik deradikalisasi Ainur Rofiq Al-Amin sebagai tokoh muda dalam melakukan aktivisme untuk menangkal radikalisme di media sosial. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif. Dari metode ini, peneliti menganalisis aktivisme yang dilakukan Ainur Rofiq Al-Al-Amin di media sosial. Kemudian peneliti menjelaskan semua tentang kepegiatan yang dilakukan Ainur Rofiq Al-Amin di media sosial dalam menangkal radikalisme. Data yang digunakan dalam penelitian ini diambil dari wawancara, lalu beberapa postingan Ainur Rofiq Al-Amin di facebook. Hasil penelitian, peneliti menemukan bahwa Ainur Rofiq Al-Amin nyata melakukan aktivisme di media sosial. Pada tahap eksternalisasi, ketika Ainur Rofiq Al-Amin di pengaruhi oleh paham-paham HTI, di mana pada saat itu ia bersentuhan langsung dengan paham-paham mereka. Pada tahap objektivasi, ketika Ainur Rofiq Al-Amin melakukan penyaringan dari kegiatan di eksternalisasi. Pada tahap internalisasi adalah tahap penerapan dari eksternalisasi dan objektivasi, artinya Ainur Rofiq Al-Amin menulis banyak karya dengan tujuan deradikalisasi. Oleh karena itu, Ainur Rofiq Al-Amin yang dapat menciptakan banyak karya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Widyaningrum, Siskasiskawidyan57@gmail.comE21216084
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUmam, Muchammad Helmihelmi.umam@uinsby.ac.id2004057901
Subjects: Islam
Radikal dan Radikalisme
Keywords: Aktivisme; Radikalisme; Deradikalisasi Ainur Rofiq Al-Amin.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Siska Widyaningrum
Date Deposited: 24 Nov 2020 06:34
Last Modified: 24 Nov 2020 06:34
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/45208

Actions (login required)

View Item View Item