Dakwah Digital Friendly di youtube dalam membangun pribadi muslim di kalangan Mahasiswa Universitas Airlangga Surabaya: perspektif eksistensialisme Soren Kierkegaard

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Asiyah, Siti Nur (2020) Dakwah Digital Friendly di youtube dalam membangun pribadi muslim di kalangan Mahasiswa Universitas Airlangga Surabaya: perspektif eksistensialisme Soren Kierkegaard. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Nur Asiyah_E21216085.pdf

Download (1MB)

Abstract

Media sosial pada era milenial ini menjadi sahabat para kaum milenial sebagai tempat bertanya dan belajar agama. Banyaknya tokoh agama yang digital friendly dianggap mampu menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh kaum milenial karena mudahnya mereka dalam mengakses materi agama yang ada di internet. Penelitian ini difokuskan kepada mahasiswa Universitas Airlangga Surabaya khusunya yang aktif dalam organisasi Sentra Kerohanian Islam. Adapun permasalahan penting yang akan dijawab dalam penelitian ini adalah: pertama, Bagaimana dakwah digital friendly di YouTube? Kedua, Bagaimana perubahan pribadi Muslim di kalangan mahasiswa Universitas Airlangga Surabaya melalui dakwah digital friendly di YouTube dalam perspektif eksistensialisme Soren Kierkegaard?. Melalui penelitian ini penulis mencoba untuk meneliti mahasiswa organisasi Sentra Kerohanian Islam dalam membangun pribadi Muslim yang dapat merubah pribadi mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan memakai teori eksistensialisme Soren Kierkegaard. Data diperoleh dari wawancara dan literatur kepustakaan yang relevan dengan tema kajian. Skripsi ini menemukan bahwa: pertama, Dakwah digital friendly di YouTube adalah suatu aktivitas atau usaha yang dilakukan oleh para dai dalam mengajak manusia untuk melakukan kebaikan melalui media digital dengan menggunakan internet seperti YouTube yang dilakukan oleh para dai yang berpenampilan ramah, lebih menarik dalam hal penyampaian materi, tafsir atas dalil-dalil yang disampaikan mudah dimengerti, jelas, tidak terlalu rumit dan menghibur. Kedua, perubahan pribadi Muslim di kalangan mahasiswa Universitas Airlangga Surabaya di organisasi Sentra Kerohanian Islam melalui dakwah digital friendly di YouTube dalam perspektif eksistensialisme Soren Kierkegaard mengklasifikasikan perubahan diri manusia menjadi tiga tahap. Tahap estetis yaitu individu dalam melakukan tindakan secara spontan tanpa memikirkan bahwa tindakan tersebut baik atau buruk, contohnya sering berkata kasar. Tahap etis yaitu individu mulai memperhitungkan dan menggunakan tindakan yang baik dan yang jahat dalam bertindak, contohnya mulai mengetahui bahwa berbicara kasar itu tidak baik karena kita akan dipandang oleh orang lain tidak mempunyai etika yang baik dalam bertutur kata, dan tahap religius yaitu individu mulai mengarahkan tindakannya sesuai dengan keimanannya kepada Allah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Asiyah, Siti Nurasiyahsitinur154@gmail.comE21216085
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWarsito, Loekisno Choirilluckys.no@gmail.com2027036302
Subjects: Dakwah > Dakwah - Filsafat
Organisasi Mahasiswa
Anak > Kepribadian
Keywords: Dakwah Digital Friendly; Membangun Pribadi Muslim; Eksistensialisme.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Siti Nur Asiyah
Date Deposited: 24 Nov 2020 05:58
Last Modified: 24 Nov 2020 05:58
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/45207

Actions (login required)

View Item View Item