Analisis fatwa Dewan Syariah Nasional (DSN-MUI) No 75/DSN-MUI/VII/2009 terhadap bisnis MLM Sinergy: studi kasus di PT. Bandung Eco Sinergi Teknologi, Bandung

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jamil, Moh (2020) Analisis fatwa Dewan Syariah Nasional (DSN-MUI) No 75/DSN-MUI/VII/2009 terhadap bisnis MLM Sinergy: studi kasus di PT. Bandung Eco Sinergi Teknologi, Bandung. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moh. Jamil _C92216182.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian lapangan (field research), dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Kemudian data diolah dengan tahapan editing, organizing dan analyzing. Selanjutnya data tersebut dianalisis menggunakan teknik pola pikir deskriptif yakni mendiskripsikan atau menggambarkan data yang diperoleh dari lapangan terkait pratik bisnis Multi Level Marketing (MLM) Sinergy yang kemudian dianalisis menggunakan fatwa DSN-MUI Nomor 75/DSN-MUI/VII/2009 tentang Penjualan Langsung Berjenjang syariah (PLBS). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: Sistem operasional MLM Sinergy menggunakan sistem break away. Sistem yang memungkinkan downline untuk melebihi upline-nya, untuk bergabung langkah pertama melakukan pendaftaran sebesar 100 ribu dan melakukan pembelian produk melalui mitra resmi, melakukan aktivasi akun pada website sinergy Official, memanfaatkan fasilitas Sinergy, selanjutnya menggunakan produk dan berbagi manfaat produk sinergy, yang terakhir akan mendapatkan komisi, bonus dan riward dari perusahaan. Kedua, dari hasil analisis praktik bisnis MLM Sinergy adalah telah sesuai dengan Fatwa Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI) Nomor 75/DSN-MUI/VII/2009 tentang Penjualan Langsung Berjenjang Syariah (PLBS) dimana dalam fatwa DSN-MUI disebutkan dua belas syarat yang harus dipenuhi oleh perusahaan atau bisnis yang menggunakan sistem Multi Level Maketing (MLM) dan hasil dari analisis bahwa bisnis Sinergy telah memenuhi syarat-syarat tersebut. Pada akhir penulisan sikripsi ini, penulis menyarankan kepada perusahaan atau bisnis MLM Sinergy ini agar terus menjaga sistem bisnisnya yang telah sesuai dengan prinsip-prinsip syariah sebagaimana tercantum dalam Fatwa DSN-MUI Nomor 75/DSN-MUI/VII/2009. Serta bisnis ini telah melakukan pemasaran produk tingkat Nasional bahkan sampai Internasional sehingga diharapkan dapat segera mendaftar ke Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jamil, Mohjamilsalima5@gmail.comC92216182
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArif, Mohammadarifradhi18@gmail.com102101811126130
Subjects: Fatwa
Hukum Islam
Hukum Islam > Jual Beli
Keywords: Bisnis MLM Sinergy;Fatwa Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Moh Jamil
Date Deposited: 30 Nov 2020 07:12
Last Modified: 30 Nov 2020 07:12
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/45205

Actions (login required)

View Item View Item