Tinjauan hukum Islam dan UU No. 19 Tahun 2016 tentang informasi dan transaksi elektronik terhadap Jual Beli Tiket bioskop di Aplikasi Tix Id

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Effendi, Adiyati Rahmah (2020) Tinjauan hukum Islam dan UU No. 19 Tahun 2016 tentang informasi dan transaksi elektronik terhadap Jual Beli Tiket bioskop di Aplikasi Tix Id. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Adiyati Rahmah_C92216076.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil dari penelitian lapangan (field research) dengan teknik pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Yang selanjutnya dianalisis dengan menggunakan metode diskriptif analitis dan kesimpulannya diperoleh dengan pola pikir deduktif. Dari hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) Prosedur jual beli tiket bioskop di aplikasi Tix Id dapat dilakukan jika calon pembeli sudah memiliki aplikasi dan user id serta mematuhi syarat dan ketentuan yang ada di aplikasi. Proses pembayaran tiket bioskop, developer/Tix Id menggunakan jasa pihak ketiga yaitu Dana (dompet digital), (2) Menurut Hukum Islam praktik jual beli tiket bioskop diaplikasi Tix Id terdapat dua akad pada transaksi tersebut yaitu akad jual beli (bay’i) dan ujrah. Dalam praktik sudah memenuhi rukun dan syarat dari akad tersebut. Sedangkan menurut UU No. 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, jual beli tiket bioskop di aplikasi Tix Id kurang memenuhi Pasal 9 karena kurangnya memberikan informasi yang lengkap dan benar terkait produk yang ditawarkan pada aplikasi. Pada hasil penulisan skripsi ini, penulis menyarankan agar dalam aplikasi tix id tersebut dijelaskan tentang rincian prosedur mengenai tata cara perolehan tiket dan sekaligus sanksi atau akibat hukum apabila salah satu pihak atau kedua belah pihak melakukan wanprestasi. Disarankan bagi pengguna atau calon pembeli hendaklah mengerti terlebih dahulu mengenai syarat-syarat dan kebijakan di dalam aplikasi tix id sebelum menggunakan aplikasi tix id.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Effendi, Adiyati Rahmahdheaefendi96@gmail.comC92216076
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorM. Romdlon, M. Romdlonromdlonawawi@gmail.com2029126201
Subjects: Hukum Islam
Hukum Islam > Jual Beli
Keywords: Jual Beli; Tiket bioskop Online; Tiket online.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Adiyati Rahmah Effendi
Date Deposited: 30 Nov 2020 03:45
Last Modified: 30 Nov 2020 03:45
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/45200

Actions (login required)

View Item View Item