BIMBINGAN KONSELING ISLAM MELALUI KONSELING KARIR UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR REMAJA DI KELURAHAN SIWALANKERTO WONOCOLO SURABAYA

Hakim, Hilma Nurainul (2015) BIMBINGAN KONSELING ISLAM MELALUI KONSELING KARIR UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR REMAJA DI KELURAHAN SIWALANKERTO WONOCOLO SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (438kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (643kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (453kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar pustaka.pdf

Download (315kB) | Preview

Abstract

Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Apa faktor-faktor yang menyebabkan lemahnya motivasi belajar remaja di Kelurahan Siwalankerto Kecamatan Wonocolo Surabaya? (2) Bagaimana proses bimbingan konseling islam melalui konseling karir dalam meningkatkan motivasi belajar remaja di Kelurahan Siwalankerto Kecamatan Wonocolo Surabaya? (3) Bagaimana hasil proses bimbingan konseling islam melalui konseling karir dalam meningkatkan motivasi belajar remaja di Kelurahan Siwalankerto Kecamatan Wonocolo Surabaya?
Dalam menjawab permasalah tersebut, peneliti menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus yang kemudian dianalisis dengan menggunakan analisa deskriptif-komparatif, yang mana peneliti membandingkan data dalam teori dengan data yang terjadi di lapangan, analisa dilakukan untuk mengetahui proses serta hasil akhir proses konseling dengan membandingkan kondisi klien sebelum dan sesudah proses konseling. Sedangkan dalam pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.
Dalam penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor yang menyebabkan lemahnya motivasi belajar remaja adalah ketidak cocokan ayahnya dengan klien dalam memilih karirnya setelah dia lulus dari SMA sehingga waktu bermain lebih banyak daripada waktu yang digunakan untuk belajar, merasa tertekan, kurangnya kosentrasi pada saat di kelas maupun di rumah. dalam
Dalam penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa proses bimbingan konseling Islam melalui langkah-langkah identifikasi masalah, diagnosa, prognosa, terapi/ treatment, dan evaluasi/ follow up, yang di dalam terapinya menggunakan pemberian motivasi yang berupa (1) mengajak klien untuk berfikir positif (2) memberikan pemahaman yang tepat tentang kemampuan dirinya (3) mengenalkan berbagai jenis pekerjaan (4) membuat rencana masa depan sendiri. Dengan pendekatan ini klien diharapkan dapat menghilangkan prilaku yang kurang baik menjadi lebih baik, sedangkan hasil akhir proses konseling terhadap klien dalam penelitian ini cukup berhasil dengan prosentase 60% yang mana hasil tersebut dapat dilihat dari adanya perubahan klien yang dapat kembali semangat lagi untuk belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Mohamad Thohir
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Konseling Islam; Konseling Karir; Motivasi Belajar
Subjects: Bimbingan Konseling
Bimbingan Belajar
Remaja, Gaya hidup
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 05 Feb 2016 16:30
Last Modified: 05 Feb 2016 16:30
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/4518

Actions (login required)

View Item View Item