Implementasi etika bisnis Sales Person untuk mempertahankan loyalitas konsumen pada perspektif etika bisnis islam : studi kasus pada Butik Kickers Plaza Tunjungan (Tp) 3 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zaini, Akhmad (2020) Implementasi etika bisnis Sales Person untuk mempertahankan loyalitas konsumen pada perspektif etika bisnis islam : studi kasus pada Butik Kickers Plaza Tunjungan (Tp) 3 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Akhmad Zaini_C74213085.pdf

Download (1MB)

Abstract

Bertujuan untuk mengetahui penerapan etika bisnis sales person butik kickers untuk mempertahankan loyalitas konsumen, dan untuk mengetahui apakah etika bisnis sales person di terapkan dengan baik untuk mempertahankan loyalitas konsumen dilihat dari kaca mata konsumen, serta untuk mengetahui implementasi etika bisnis sales person butik kickers untuk mempertahankan loyalitas konsumen pada perspektif etika bisnis islam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Populasi pada penelitian ini terdapat 4 orang sales person dan tidak diketahui jumlah dari pihak konsumen. Sehingga apabila jumlah populasinya tidak diketahui secara pasti, maka digunakan teknik atau rumus sesuai dengan teori malhotra, yaitu paling sedikit harus empat atau lima kali dari jumlah item pertanyaan. Dalam penelitian ini terdapat 8 item pertanyaan, sehingga jumlah sampel yang diambil yaitu 40 sampel (5 x 8 item pertanyaan) dan ditambah 4 orang sales person, sehingga total sampel yaitu 44 orang. Teknik analisis dilakukan dengan triangulasi, reduksi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: etika bisnis yang diterapkan oleh sales person butik kickers untuk mempertahankan loyalitas konsumen meliputi: Menerapkan 3S (Senyum, Salam dan Sapa), Sopan santun, Memahami produk knowledge dan Memberikan informasi ketika ada promo. Berdasarkan kacamata konsumen yang berbelanja di butik kickers, keempat etika tersebut dinilai diterapkan dengan baik oleh sales person butik kickers. Akan tetapi pada aspek memberikan informasi ketika ada promo, terdapat sebagian konsumen yang mengeluh dan memberikan penilaian yang kurang baik, karena sebagian konsumen tidak diinformasikan ketika ada promo atau turun harga pada produk kickers. Sedangkan perspektif etika bisnis islam pada etika bisnis yang diterapkan oleh sales person butik kickers untuk mempertahankan loyalitas konsumen: sangat menekankan kepada sales person butik kickers untuk tetap menerapkan etika bisnis untuk mempertahankan loyalitas konsumen, karena pada dasarnya penerapan etika bisnis yang dilakukan sales person butik kickers menjunjung asas berbuat baik kepada sesama. Dari hasil penelitian, saran yang dapat peneliti sampaikan kepada pihak stakeholder butik kickers: agar senantiasa tetap mempertahankan penerapan etika bisnis kepada semua konsumen tanpa memandang penampilan dan pakaian konsumen, dan harus memberikan informasi dengan merata, serta dalam melakukan pelayanan dan pemasaran kepada konsumen harus diniatkan beribadah karena Allah SWT dan ingin berbuat baik kepada sesama, sehingga tidak akan muncul rasa acuh tak acuh dan pilih kasih dalam melayani dan memasarkan produk kepada konsumen.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zaini, Akhmadzainiakhmadha@gmail.comC74213085
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYudha, Ana Toni Roby Candraanatoniroby@gmail.com2024018703
Subjects: Layanan
Bisnis
Konsumen
Keywords: Etika Bisnis Sales Person; Loyalitas Konsumen dan Etika Bisnis Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Akhmad Zaini
Date Deposited: 22 Nov 2020 03:20
Last Modified: 22 Nov 2020 03:20
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/45177

Actions (login required)

View Item View Item