Adian Husaini (1965-Sekarang) : pemikiran dan gerakan anti liberal di Indonesia

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ramadhani, Awaliah (2020) Adian Husaini (1965-Sekarang) : pemikiran dan gerakan anti liberal di Indonesia. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Awaliah Ramadhani A92216116.pdf

Download (1MB)

Abstract

Untuk menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan metode penelitian sejarah yang terdiri dari heuristik (pengumpulan sumber), verifikasi (kritik sumber), interpretasi (penafsiran sumber) dan historiografi (penulisan sejarah). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan sosiologi dan historis untuk menggambarkan tentang peristiwa yang terjadi pada masa lalu beserta kondisi sosialnya. Sedangkan teori yang digunakan adalah teori challenge and response (tantangan dan respon) dari Arnold Toynbee. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa: 1. Adian Husaini adalah seorang penulis dan cendekiawan yang lahir di Bojonegoro 17 Desember 1965. Ia sangat peduli dengan permasalahan umat Islam salah satunya adalah hegemoni pemikiran Barat. Ia menekankan bahwa hegemoni pemikiran Barat dalam Islam sangat berbahaya bagi akidah Islam sehingga diperlukan upaya untuk menangkalnya. 2. Islam liberal muncul dari banyak pemuda Indonesia yang belajar di Eropa dan Timur Tengah dan membawa gagasan-gagasan baru yang diterima dari sana. Pada awalnya ini bernama neo modernisme Islam kemudian berubah menjadi Islam liberal ketika muncul kelompok Jaringan Islam Liberal. Mereka membawa gagasan sekularisme, pluralisme dan penerapat hermeneutika untuk menfasirkan Al-Quran. 3. Dalam pandangan Adian Husaini gagasan yang dalam Islam liberal tidak dapat diterapkan dalam Islam karena dapat merusak aqidah umat Islam. Sehingga diperlukan cara untuk menanggulanginya. Salah satunya adalah dengan melakukan reformasi pendidikan Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ramadhani, Awaliahawaliahramadhani13@gmail.comA92216116
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSukarma, Sukarmafahmy_abdoeh@yahoo.co.id2028106301
Subjects: Agama
Biografi
Agama > Biografi Tokoh
Keywords: Hegemoni; Neo modernisme; Aqidah.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Awaliah Ramadhani
Date Deposited: 21 Nov 2020 22:18
Last Modified: 21 Nov 2020 22:18
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/45154

Actions (login required)

View Item View Item