Penerapan sistem informasi manajemen wakaf (SIWAK) di Kantor Kementerian Agama Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ma'mun, Santi Mundjijah (2020) Penerapan sistem informasi manajemen wakaf (SIWAK) di Kantor Kementerian Agama Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Santi Mundjijah Ma'mun_B924216103.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam penelitian ini, fokus permasalahannya adalah bagaimana penerapan sistem informasi manajemen wakaf (siwak) di Kantor Kementerian Agama Kota Surabaya? . Dalam penelitian ini peneliti menggunakan deskriptif kualitatif, penelitian ini menggunakan dua jenis sumber data yaitu data primer dan data sekunder. Penelitian ini terbagi atas empat tahap, yaitu tahap pra lapangan, tahap di lapangan, tahap pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk validitas data menggunakan triangulasi dengan analisa data model Miles dan Huberman (data reduction dan data display). Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa penerapansistem informasi manajemen wakaf (SIWAK) di Kantor Kementerian Agama Kota Surabaya dalam pengarsipan wakaf dulu masih belum menggunakan sistem operasi aplikasi SIWAK, sekarang ini menggunakan alat komputer dengan sistem operasi SIWAK. SIM untuk digunakan saat bekerja yang telah diterapkan di Kantor Kementerian Agama Kota Surabaya, agar prosesnya berjalan dengan tertata baik dan terstruktur. Sebelum diolah data wakaf dapat dari Kantor Urusan Agama per Kecamatan Kota Surabaya. Karna Kantor Urusan Agama tempat mengurus data atau surat wakaf. Sebab, Kantor Kementerian Agama Kota Surabaya tidak mengurus data atau surat hanya saja menerima data dari Kantor Kementerian Agama dan mengarsipkan digital dengan SIWAK. SIWAK atau aplikasi apapun itu untuk meringankan pekerjaan disuatu organisasi atau perusahaan, karna dengan adanya sistem ini sangat membantu dalam bekerja dan bisa diakses oleh masyarakat lain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ma'mun, Santi Mundjijahsantimundjijah27@gmail.comB94216103
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBramayudha, Airlanggabram.airlangga@gmail.com2014127901
Subjects: Manajemen Dakwah
Manajemen Informasi
Wakaf
Keywords: Penerapan Sistem Informasi Manajemen Wakaf ; SIWAK.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Santi Mundjijah Ma'mun
Date Deposited: 20 Nov 2020 01:35
Last Modified: 20 Nov 2020 01:35
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/45136

Actions (login required)

View Item View Item