Partisipasi masyarakat dalam perencanaan pembangunan berbasis Website E-Musrenbang: studi kasus di Kelurahan Romokalisari Kecamatan Benowo Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Baskoro, Chalvin (2020) Partisipasi masyarakat dalam perencanaan pembangunan berbasis Website E-Musrenbang: studi kasus di Kelurahan Romokalisari Kecamatan Benowo Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Chalvin Alif Baskoro_I71216057.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui dan memahami bagaimana partisipasi masyarakat dalam perencanaan pembangunan berbasis website e-musrenbang di Kelurahan Romokalisari Kecamatan Benowo Kota Surabaya, (2) mengetahui dan memahami bagaimana dampak dengan diberlakukannya e-musrenbang terhadap partisipasi masyarakat dalam perencanaan pembangunan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Adapun teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Tangga Partisipasi yang dikenal dengan A Ladder of Participation yang digagas oleh Sherry R Arnstein. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa partisipasi masyarakat yang ada di Kelurahan Romokalisari berada pada tangga delegated of power atau pendelegasian kekuasaan. Hal tersebut ditandai dengan adanya ruang khusus bagi masyarakat untuk berpartisipasi dalam proses perencanaan pembangunan. Masyarakat bukan hanya sebagai objek pembangunan dari pemerintah, melainkan sebagai mitra pemerintah. Dalam proses perencanaan pembangunan, masyarakat dapat menyampaikan apa yang menjadi permasalahan dan kebutuhan yang sedang dihadapi saat ini. Program-program yang ada saat ini merupakan apa yang mereka usulkan pada saat tahapan proses perencanaan pembangunan berlangsung. Keberadaan e-Musrenbang sebagai salah satu bagian dari sistem perencanaan pembangunan Kota Surabaya telah membawa dampak terhadap partisipasi masyarakat dalam perencanaan pembangunan, hal tersebut ditandai dengan meningkatnya jumlah usulan program pembangunan. Meski begitu, masih terdapat warga yang belum mengetahui kegunaan e-Musrenbang sebagai salah satu sistem perencanaan pembangunan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Baskoro, Chalvinchalvinab@gmail.comI71216057
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKhaq, M. Zimamulzimamulkhaq@ymail.com198212022015031002
Subjects: Masyarakat
Pembangunan
Keywords: Partisipasi Masyarakat; Perencanaan Pembangunan; e-Musrenbang.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: CHALVIN BASKORO
Date Deposited: 20 Nov 2020 04:30
Last Modified: 20 Nov 2020 04:30
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/45133

Actions (login required)

View Item View Item