Pengaruh musik terhadap produktivitas kerja karyawan dengan relaksasi sebagai variabel intervening di Kantor Kementerian Agama Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lukmana, Unum Defi (2020) Pengaruh musik terhadap produktivitas kerja karyawan dengan relaksasi sebagai variabel intervening di Kantor Kementerian Agama Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Unum Defi Lukmana_B94216063.pdf

Download (3MB)

Abstract

Produktivitas merupakan nilai tambah karyawan dalam melakukan suatu pekerjaan. Produktivitas dapat mempengaruhi karyawan dalam menghasilkan kemajuan bekerja. Faktor yang mempengaruhi penurunan produktivitas pada sebuah lembaga atau organisasi dapat diatasi dengan cara relaksasi menggunakan media musik. Relaksasi dengan menggunakan media musik merupakan salah satu sarana untuk mengembalikan semangat kerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh dan nilai hubungan dari musik terhadap produktivitas kerja karyawan dengan relaksasi sebagai variabel intervening atau penghubungnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data pada uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian adalah metode analisis jalur (path analisys). Teknik analisis data digunakan untuk menjawab tujuan penelitian. Sampel penelitian ini berasal dari karyawan Kantor Kementrian Agama Kota Surabaya pada bulan Januari sampai dengan Februari 2020. Hasil analisis jalur (path analisys) menunjukkan, bahwa penelitian ini menghasilkan beberapa jawaban dari rumusan masalah mengenai musik, produktivitas, dan relaksasi . Pertama, Pengaruh antara musik (X) terhadap produktivitas (Y) kerja di Kantor Kementerian Agama Kota Surabaya adalah sebesar sig 0,432. Kedua, Pengaruh antara musik (X) terhadap relaksasi (Z) di Kantor Kementerian Agama Kota Surabaya adalah sebesar 00,01. Ketiga, P Pengaruh antara relaksasi (Z) terhadap produktivitas (Y) kerja di Kantor Kementerian Agama Kota Surabaya adalah sebesar sig 0,00. Keempat, Nilai hubungan antara musik (X) dengan produktivitas (Y) kerja di Kantor Kementerian Agaman Kota Surabaya adalah sebesar 0,375. Kelima, Nilai hubungan antara musik (X) dengan relaksasi (Z) di Kantor Kementerian Agama Kota Surabaya adalah sebesar 0,441. Keenam, Nilai hubungan antara relaksasi (Z) dengan produktivitas (Y) kerja di Kantor Kementerian Agama Kota Surabaya adalah sebesar ,694 dengan p value (signifikan) 0,000. Ketujuh, Nilai hubungan yang lebih tinggi antara musik yang berpengaruh langsung terhadap produktivitas atau musik yang berpengaruh terhadap peroduktivitas kerja yang diintervening oleh relaksasi adalah sebesar 0,069 atau sama dengan 6,9%. Berdasarkan uji analisis jalur, hasil pengaruh langsung dan tidak langsung dari music (X) terhadap produktivitas (Y) melalui relaksasi (Z) diperoleh hasil, bahwa pengaruh tidak langsung langsung lebih besar dibandingkan pengaruh langsung. Hal tersebut dapat diartikan, bahwa music (X) melalui relaksasi (Z) berpengaruh signifikan terhadap produktivitas (Y).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lukmana, Unum Defidefilukmana09@gmail.comB94216063
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMaesaroh, Imasimas.kholis@gmail.com2014056601/196605141992032001
Subjects: Manajemen Dakwah
Musik
Keywords: Musik; Produktivitas; relaksasi.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Unum Defi Lukmana
Date Deposited: 19 Nov 2020 06:28
Last Modified: 19 Nov 2020 06:28
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/45121

Actions (login required)

View Item View Item