Tindak tutur pesan dakwah lagu Ya Maulana oleh Sabyan Gambus

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fahrurrozi, Agyl Nur (2020) Tindak tutur pesan dakwah lagu Ya Maulana oleh Sabyan Gambus. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Agyl Nur Fahrurrozi_B01216005.pdf

Download (1MB)

Abstract

Karya seni pada zaman ini mengalami perkembangan yang pesat karena tidak hanya dinikmati sebagai bentuk keindahan seni tetapi juga dapat menjadi media dakwah yang digunakan untuk menyampaikan pesan dakwah. Salah satu contohnya yaitu melalui lagu Ya Maulana milik Sabyan Gambus yang mengajak orang untuk bertaubat dan mengingat Allah Swt Lagu ini tidak hanya enak untuk didengar tetapi terdapat pesan dakwah yang sangat indah jika diteliti. Untuk mengetahui persoalan tersebut secara mendalam dan menyeluruh, dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Kemudian data yang diperoleh melalui dokumen penulis dan hasil wawancara dianalisis dengan menggunakan analisis tindak tutur Austin dan Searle. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa pemaknaan yang terdapat dalam lirik lagu Ya Maulana tentang permohonan seorang hamba yang memohon dan meminta kepada Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang agar diberikan berkah dalam hidupnya, diampuni segala dosa dan kesalahannya, diberikan taubat, dikabulkan doanya dan dapat masuk kedalam surga Allah Swt. Rekomendasi dalam skripsi ini agar kedepannya dapat menjadi salah satu referensi untuk penelitian selanjutnya yang mengkaji skripsi tentang bagaimana pesan dakwah dalam lirik lagu religi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fahrurrozi, Agyl Nuragylnfahrurrozi@gmail.comB01216005
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHuda, Sokhisokhi.huda@uinsby.ac.id2128016701
Subjects: Dakwah > Dakwah - Media
Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah

Musik
Keywords: Pesan Dakwah; Sabyan Gambus; Ya Maulana; Tindak Tutur.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: agyl nur fahrurrozi
Date Deposited: 20 Nov 2020 04:35
Last Modified: 20 Nov 2020 04:35
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/45098

Actions (login required)

View Item View Item