Pola Hubungan Patron-Klien pada usaha perikanan tangkap di Pelabuhan Pasuruan Kota Pasuruan Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alwan, Mukhammad Lazuardi (2020) Pola Hubungan Patron-Klien pada usaha perikanan tangkap di Pelabuhan Pasuruan Kota Pasuruan Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mukhamad Lazuardi Alwan_H74216037.pdf

Download (2MB)

Abstract

Hubungan patron-klien merupakan hubungan kerja antara juragan dengan nelayan yang memiliki hubungan timbal balik. Hubungan patron-klien adalah hubungan melibatkan dua orang yang memiliki perbedaan sosial ekonomi dimana juragan (patron) menggunakan pengaruh sumber daya yang dimiliki kepada nelayan (klien) yang sumber dayanya lebih rendah. Pola hubungan patron klien penting dilakukan sebab menjadi dasar perumusan dan penentu pelaksanaan suatu kebijakan pembangunan bagi suatu masyarakat tertentu di Pelabuhan Pasuruan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola hubungan antara patron klien serta faktor penghambat dan pendukung yang terjadi di Pelabuhan Pasuruan, Kota Pasuruan, Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Sumber data diperoleh dari data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan metode triangulasi data. Hasil penelitian ini adalah juragan sebagai patron nelayan sebagai klien memiliki pola hubungan resiprositas, pola hubungan yang terjadi di Pelabuhan Pasuruan antara pihak juragan dan nelayan memliki hubungan kerja yang saling menguntungkan dan saling ketergantungan karena hubungan yang terjalin memiliki ikatan kekeluargaan yang kuat antara juragan dengan nelayan. Intensitas hubungan dengan faktor pendukung yaitu, kekeluargaan, kepercayaan, dan imbalan jasa dan faktor penghambatnya yaitu hutang-piutang yang terjadi antara juragan dengan nelayan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alwan, Mukhammad Lazuardiardialwan@gmail.comH74216037
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSawiji, Asrisawiji.asri@uinsby.ac.id2026068701
Thesis advisorPerdanawati, Rizqi Abdiabdirizqi@uinsby.ac.id2026098801
Subjects: Hubungan Masyarakat
Sosiologi
Keywords: Juragan; Nelayan; Patron-klien; Saling ketergantungan.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Ilmu Kelautan
Depositing User: Mukhammad Lazuardi Alwan
Date Deposited: 18 Nov 2020 06:04
Last Modified: 18 Nov 2020 06:04
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/45094

Actions (login required)

View Item View Item