Profil kemampuan komunikasi matematis siswa bilingual dalam menyelesaikan masalah matematika

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Widyasari, Dimas (2020) Profil kemampuan komunikasi matematis siswa bilingual dalam menyelesaikan masalah matematika. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dimas Widyasari_D74215087.pdf

Download (2MB)

Abstract

Membahas mengenai pembelajaran matematika, dalam pembelajaran matematika salah satu kemampuan yang sangat perlu untuk dikembangkan yaitu kemampuan komunikasi matematis (mathematical communication). Untuk dapat mengembangkan komunikasi maka dibutuhkan alat komunikasi yaitu bahasa. Oleh karena itu, siswa harus terampil dalam berbahasa, agar siswa dapat berkomunikasi dengan baik. Hal ini mendorong peneliti untuk mengkaji lebih jauh tentang kemampuan komunikasi matematis siswa. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan komunikasi siswa bilingual dengan tipe kesempatan simultaneos bilingualism, receptive bilingualism, rapid successive bilingualisme dan slow successive bilingualisme dalam menyelesaikan masalah matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di MTs Bilingual Muslimat NU Pucang Sidoarjo dan menggunakan delapan subjek dengan ketentuan dua subjek dengan tipe kesempatan simultaneos bilingualism, dua subjek dengan tipe kesempatan receptive bilingualism, dua subjek dengan tipe kesempatan rapid successive bilingualisme dan dua subjek dengan tipe kesempatan slow successive bilingualisme. Teknik pengumpulan data diperoleh dari tes tertulis dan wawancara. Hasil tes tertulis dan wawancara tersebut selanjutnya dipaparkan dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini diperoleh simpulan bahwa: (1) kemampuan komunikasi matematis siswa yang memiliki tipe kesempatan simultaneos bilingualism termasuk dalam kategori sangat tinggi (2) kemampuan komunikasi matematis siswa yang memiliki tipe kesempatan receptive bilingualism termasuk dalam kategori tinggi (3) kemampuan komunikasi matematis siswa yang memiliki tipe kesempatan rapid successive bilingualisme termasuk dalam kategori sedang (4) kemampuan komunikasi matematis siswa yang memiliki tipe kesempatan slow successive bilingualisme termasuk dalam kategori sangat rendah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Widyasari, Dimasdyahwidyasari61@gmail.comD74215087
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSadieda, Lisanul Uswahlisanuluswah@yahoo.com2026098302
Thesis advisorYudi, Usmanasyifa3.AF@gmail.com2024016501
Subjects: Komunikasi
Matematika
Keywords: Kemampuan Komunikasi Matematis; Soal Bangun Ruang Sisi Datar; Siswa Bilingual.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Dimas Widyasari
Date Deposited: 17 Nov 2020 22:58
Last Modified: 17 Nov 2020 22:59
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/45081

Actions (login required)

View Item View Item