Nilai-nilai Islam dalam Tradisi Sekaten di Keraton Yogyakarta

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Makhfudoh, Alfi (2020) Nilai-nilai Islam dalam Tradisi Sekaten di Keraton Yogyakarta. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alfi Makhfudoh_A92216059.pdf

Download (1MB)

Abstract

Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah metode metode penelitian sejarah yang terdiri dari, tahap heuristik, verifikasi, interpretasi dan historiografi. Serta pendekatan yang digunakan adalah pendekatan dengan teori yang dikemukan oleh levi Strauss dimana dia mengemukan bahwa kebudayaan adalah produk atas hasil dari aktivitas yang dilakukan manusia, dimana ia memiliki kesejajaran bahasa yang juga merupakan produk dari aktivitas nalar manusia tersebut. Hasil penelitian yang saya lakukan menunjukan bahwa (1) tradisi sekaten di Keraton yogyakarta adalah sebuah perayaan yang dilakukan oleh Sunan Kalijaga untuk memperingati hari kelahiran Rasulullah pada bulan Maulud dengan bantuan media kesenian berupa gamelan adapun Asal usul nama sekaten berasal dari kalimat syahadatain. (2) tata cara pelaksanaan tradisi sekaten di Keraton yogyakarta meliputi: diawali dengan slametan, tahap gamelan pusaka pertama kali dibunyikan, tahap miyos gangsa, tahap numplak wajik, tahap pembacaaan riwayat Nabi, tahap kondur gongso dan dan ditutup dengan grebeg maulud (3) nilai-nilai Islam yang terdapat dalam acara sekaten meliputi 3 nilai yakni, nilai akidah, nilai tasawuf dan nilai syariah serta relasi sekaten dengan Islam terletak pada tujuan pelaksanaanya, tokoh yang berperan dan asal-usul nama sekaten.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Makhfudoh, Alfialfimakhfudoh050@gmail.comA92216059
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMasyhudi, Masyhudimasyhudi_adab@yahoo.com2006045901
Subjects: Kebudayaan Jawa
Tradisi Islam
Keywords: Sejarah; Sekaten; Nilai Islam.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Alfi Makhfudoh
Date Deposited: 17 Nov 2020 23:02
Last Modified: 17 Nov 2020 23:02
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/45080

Actions (login required)

View Item View Item