Pengorganisasian masyarakat dalam mewujudkan sampah berkah di Dusun Pranti Desa Pranti Kec. Menganti, Kab Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nisak, Laila Nikmatun (2020) Pengorganisasian masyarakat dalam mewujudkan sampah berkah di Dusun Pranti Desa Pranti Kec. Menganti, Kab Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Laila Nikmatun Nisak_B02216027.pdf

Download (3MB)

Abstract

Desa Pranti merupakan salah satu yang mempunyai masalah kurangnya pengelolaan sampah yang memadai. Permasalahan ini terjadi akibat oleh 3 hal, pertama kesadaran masyarakat yang kurang akan bahayanya membuang sampah sembarangan seperti ke sungai/drainase air dan di lahan kosong. Kedua, belum adanya kelompok pengelolaan sampah. Ketiga, belum optimal sarana dan prasarana pengelolaan sampah dan belum adanya kebijakan pengelolaan sampah dari pemerintah. Untuk mengatasinya ialah bagaimana cara menyadarkan masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan dari masalah sampah dan bagaimana cara mengatasi masalah sampah agar dapat menjaga lingkungan yang bersih dan hijau. Berdasarkan permasalahan tersebut Penelitian ini dilakukan di Desa Pranti, Kecamatan Menganti, Kabupaten Gresik. Penelitian ini membahas tentang pengorganisasian masyarakat mengatasi masalah sampah melalui bank sampah dan mewujudkan sampah berkah yang menjadikan lingkungan bersih dan hijau. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian PAR (Participatory Action Research). Dalam pengumpulan data menggunakan teknik PRA (Participatory Rural Apresial). Metode dan teknik yang digunakan ini untuk proses pengorganisasian yang melibatkan masyarkat aktif dan menjadi subyek dalam penelitian. Tujuannya untuk memunculkan perubahan dari satu kelompok masyarakat ke kelompok lain dan juga menjadi pelopor perubahan menuju arah yang lebih baik. Pegorganisasian yang dilakukan bersama masyarakat menghasilkan: (1) meningkatnya pengetahuan masyarakat mengenai masalah sampah (2) terbentuknya kelompok bank sampah yang bertujuan untuk mengolah sampah, sebagai langkah dalam mengatasi maslaah sampah. (3) Optimal dalam pemanfaatan fasilitas dari pemerintah dan adanya kebijakan yang dibuat pemerintah Desa. Dalam aksi riset tersebut hanya mampu membuat langkah kecil untuk melakukan perubahan yang lebih baik. Proses penelitian ini dirasa masih jauh belum sempurna dalam mengungkapkan teori, teknik, maupun metode yang digunakan. Sehingga peneliti membutuhkan kritik dan saran yang dapat membangun perubahan pembaca khusunya peneliti.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nisak, Laila Nikmatunlaila.nikmatun05@gmail.comB02216027
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAdnan, Abd. Mujib2007025902195902071989031001
Subjects: Pengabdian Masyarakat
Pendidikan > Penelitian
Penelitian
Keywords: Pengorganisasian; Kelompok Sadar Sampah; kebersihan lingkungan.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Laila Nikmatun Nisak Laila Nikmatun Nisak
Date Deposited: 17 Nov 2020 23:19
Last Modified: 17 Nov 2020 23:19
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/45077

Actions (login required)

View Item View Item