Analisis number sense peserta didik dalam memecahkan masalah Barisan Bilangan dibedakan dari Intelligence Quotient

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Saraswati, Yolanda (2020) Analisis number sense peserta didik dalam memecahkan masalah Barisan Bilangan dibedakan dari Intelligence Quotient. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yolanda Saraswati_D74216079.pdf

Download (1MB)

Abstract

Number sense memiliki peranan yang sangat penting dalam pembelajaran matematika salah satunya untuk meningkatkan berpikir kreatif serta analitis peserta didik dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bilangan. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan number sense peserta didik dalam memecahkan masalah barisan bilangan dibedakan dari IQ. Komponen-komponen yang digunakan untuk mengukur number sense peserta didik meliputi pemahaman besaran bilangan, perhitungan mental, estimasi hitung dan menilai kelayakan hasil. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek dipilih 6 peserta didik kelas XII semester ganjil dengan rincian 2 peserta didik yang memiliki IQ rendah, 2 peserta didik yang memiliki IQ sedang dan 2 peserta didik yang memiliki IQ tinggi. Data diperoleh dari hasil jawaban peserta didik dalam mengerjakan lembar tugas pemecahan masalah dan wawancara. Prosedur analisis data meliputi reduksi data, pemaparan data, penafsiran data dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa peserta didik yang memiliki IQ rendah hanya mampu melakukan perhitungan mental dan menilai kelayakan hasil dalam menyelesaikan masalah. Peserta didik yang memiliki IQ rendah hanya mampu memenuhi beberapa komponen number sense. Peserta didik yang memiliki IQ rendah tidak dapat memahami besaran bilangan dan bilangan dan tidak mampu melakukan estimasi hitung. Peserta didik yang memiliki IQ sedang dan peserta didik yang memiliki IQ tinggi telah mampu memahami besaran bilangan, mampu melakukan perhitungan mental, mampu melakukan estimasi hitung, dan mampu menilai kelayakan hasil dalam menyelesaikan masalah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Saraswati, Yolandayolandasaraswati99@gmail.comD74216079
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHamdani, A. Saepulaseptheaiain@yahoo.co.id; asepsaepulhamdani@uinsby.ac.id2031076501
Thesis advisorSadieda, Lisanul Uswahlisanuluswah@yahoo.com2026098302
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Materi
Keywords: Number Sense; Intelligence Quotient; Pemecahan Masalah.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Yolanda Saraswati
Date Deposited: 18 Nov 2020 09:59
Last Modified: 18 Nov 2020 09:59
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/45071

Actions (login required)

View Item View Item