TANMIYAH MAHARAH AL KITABAH BI ISTIKHDAM AL KITAB SYARH ALFIYAH IBNU MALIK LI SYAIKH ABU FARIS AL DADHDAH : BAHTS TAJRIBI L AL FASHL AL SADIS FI AL MADINAH BI MA’HAD AL HIKMAH PURWO ASRI KEDIRI

Ilmi, Muhammad Harishul (2015) TANMIYAH MAHARAH AL KITABAH BI ISTIKHDAM AL KITAB SYARH ALFIYAH IBNU MALIK LI SYAIKH ABU FARIS AL DADHDAH : BAHTS TAJRIBI L AL FASHL AL SADIS FI AL MADINAH BI MA’HAD AL HIKMAH PURWO ASRI KEDIRI. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (453kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (543kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (440kB) | Preview

Abstract

Menulis adalah menurunkan atau melukiskan lambang-lambang grafik yang menggambarkan suatu bahasa yang dipahami oleh seseorang. Dalam penelitian ini peneliti mengamati bahwa masih banyak para siswa yang masih lemah dalam menulis teks-teks arab (mengarang terbimbing/Insya’) padahal kecakapan tersebut mendasari kecakapan menulis mereka yang lebih komplek. Menulis terbimbing yang benar dengan melihat pada sisi qowaidhnya baik nahwu maupun shorf adalah menulis dengan memperhatikan ketepatan harokat pada akhir kata dan perubahan jumlah sesuai dengan nahwu dan shorofnya, memperhatikan sturktur kalimat yang ada, dan terhindar dari kesalahan dengan menggunakan kitab syarah al-fiyah ibnu malik karya Abu Faris Addahdah. Prosedur yang digunakan dalam penelitian ini adalah prosedur eksperimen dimana peneliti mendesain Pre-Test dan Post-Test terhadap satu kelompok (The One Group Method). Penelitian ini diterapkan pada sample dari siswa kelas VI Madrasah Diniyyah Al-Hikmah Purwoasri Kediri Jawa Timur dengan jumlah 21 siswa.
Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: bahwa efektifitas pengajaran Alfiah dengan menggunakan Menggunakan Syarah Kitab Alfiyah Ibn Malik Li Abu Faris Addahdah dan latihan dalam mengidentifikasi kata-kata serta menyusun perubahan-perubahan dalam kalimat/jumlah untuk meningkatkan keterampilan menulis terbimbing adalah mencapai t-hitung (4,63) yang lebih besar dari t-tabel pada tingkat 5% (2,09) dan pada tingkat 1% (2,84). Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa Peningkatan Kemahiran Menulis dengan Menggunakan Kitab syarah Alfiyah Ibn Malik Li Abu Faris Addahdah adalah efektif dan sesuai

Email:
Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Agus Adithoni
Uncontrolled Keywords: Syarah; Kitab Alfiyah; Ibn Malik Li Abu Faris; Menulis
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Pendidikan
Pendidikan > Media
Pendidikan > Metode
Divisions: Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 05 Feb 2016 04:27
Last Modified: 05 Feb 2016 04:27
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/4507

Actions (login required)

View Item View Item