Islamofobia di kalangan Masyarakat Barat dan implikasinya terhadap Umat Islam Jerman dan Amerika Serikat

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putri, Sahar Banu Rizkita (2020) Islamofobia di kalangan Masyarakat Barat dan implikasinya terhadap Umat Islam Jerman dan Amerika Serikat. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sahar Banu Rizkita Putri_F02918334.pdf

Download (3MB)

Abstract

Meningkatnya angka imigran Muslim di negara-negara Barat seperti di Eropa dan Amerika menyebabkan kekhawatiran masyarakat Barat terhadap perkembangan Islam. Oleh karena itu, terdapat fenomena yang membutuhkan penamaan yaitu Islamofobia. Islamofobia sendiri merupakan hasil dari representasi masarakat Barat terhadap umat islam. Islamofobia adalah ketakutan atau prasangka terhadap umat Islam secara berlebihan. Fenomena Islamofobia ini semakin menjadi pasca terjadinya tragedi 9/11 yang terjadi di Amerika Serikat, bom bunuh diri yang terjadi pada 7 Juli 2005 di London, Inggris, bom bunuh diri di Spanyol serta pembunuhan politikus Belanda, Pim Fortuyn oleh seorang warga Belanda keturunan Maroko. Pasca terjadinya 9/11 kondisi kaum muslim minoritas yang tinggal di Eropa tengah mengalami kondisi yang kurang menguntungkan. Fokus penelitian ini adalah mengkaji tentang Islamofobia yang terjadi di dunia barat, khususnya yang terjadi di negara Jerman dan Amerika. Selain itu, asal usul Islamofobia, bentuk islamofobia dan dampaknya terhadap umat Islam yang ada di Jerman dan Amerika. Dengan demikian, untuk mengkaji lebih dalam tentang beberapa hal tersebut, penulis melakukan penelitian dengan mengangkat judul penelitian, yaitu : “Islamofobia di kalangan masyarakat Barat dan Implikasinya terhadap umat Islam Jerman dan Amerika”. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi asal-usul timbulnya Islamofobia di kalangan masyarakat Jerman dan Amerika. Mengidentifikasi bentuk-bentuk Islamofobia di kalangan masyarakat Jerman dan Amerika. Mengidentifikasi dampak Islamofobia terhadap umat Islam di Jerman dan Amerika. Kajian penelitian ini berdasarkan atas kajian pustaka. Oleh karena itu penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan cara menghimpun data dan informasi dari data-data tertulis baik dari literatur bahasa inggris maupun bahasa Indonesia yang mempunyai relevansi dengan penelitian dan menjadikan hasil observasi sebagai objek utama analisisnya. Islamofobia merupakan hasil dari representasi prasangka masyarakat Barat terhadap umat Islam yang berlebihan, dampak dari Islamofobia adalah keterbatasan lahan pekerjaan, keterbatasan pendidikan bagi umat Islam yang tinggal di Jerman dan Amerika, serta beberapa kebijakan pemerintahh yang tidak memihak terhadap umat Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putri, Sahar Banu Rizkitasaharbanu95@gmail.comF02918334
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFuad, Ahmad Nurahmadnurfuad@yahoo.com2011116401
Thesis advisorJunaidy, Abdul Basithbasithjunaidy71@gmail.com2021107101
Subjects: Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Islamofobia; Prasangka; Masyarakat Barat.
Divisions: Program Magister > Dirasah Islamiyah
Depositing User: Putri Sahar banu rizkita
Date Deposited: 16 Nov 2020 08:59
Last Modified: 16 Nov 2020 08:59
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/45059

Actions (login required)

View Item View Item