Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal High Order Thinking Skill (HOTS) tipe space and shape ditinjau dari Adversity Quotient (AQ)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Widyarti, Nurul Hidayah (2020) Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal High Order Thinking Skill (HOTS) tipe space and shape ditinjau dari Adversity Quotient (AQ). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurul_Hidayah_Widyarti_D74215063.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis merupakan kemampuan menyatakan dan menafsirkan gagasan matematika secara lisan maupun tertulis baik berupa tabel, grafik, konsep, rumus, atau strategi penyelesaian masalah dalam matematika. Cara siswa dalam menyelesaikan masalah berbeda-beda serta kecerdasan tiap siswa juga tidak bisa disamakan, inilah faktor yang mempengaruhi siswa dalam mengkomunikasikan proses siswa dalam menyelesaikan suatu permasalahan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa berdasarkan kecerdasan AQ dalam menyelesaikan soal high order thinking skill (HOTS) model space and shape dengan menngunakan langkah penyelesaian masalah Polya.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini diambil dengan teknik purpose sampling yaitu dengan memberikan angket adversity response profile yang kemudian diambil berdasarkan kriteria penilaian AQ dengan jumlah 6 orang dari kelas VIII-B di SMPN 2 Krian Sidoarjo yang terdiri dari 2 peserta didik yang memiliki kecerdasan AQ climber, 2 peserta didik yang memiliki kecerdasan AQ camper, dan 2 peserta didik yang memiliki kecerdasan AQ quitter. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Hasil tes tertulis siswa dianalisis berdasarkan indikator kemampuan komunikasi matematis baik secara tulis dan lisan dan diperkuat dengan hasil wawancara peserta didik.Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kemampuan komunikasi matematis secara tulis dan lisan siswa dengan tipe kecerdasan climber tergolong dalam kategori mampu, 2) Kemampuan komunikasi matematis secara tulis dan lisan siswa dengan tipe kecerdasan camper tergolong dalam kategori cukup mampu, 3) Kemampuan komunikasi matematis tulis dan lisan siswa dengan tipe kecerdasan quitter tergolong dalam kategori kurang mampu.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Widyarti, Nurul Hidayahnurulhi4567@gmil.comD74215063
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSetyawati, Maunahmaunah_iain@yahoo.com197411042008012008
Thesis advisorYudi, Usmanasyifa3.AF@gmail.com2024016501
Subjects: Matematika
Pendidikan
Pendidikan > Komunikasi
Keywords: Komunikasi Matematis Siswa; Penyelesaian Masalah Polya; Kecerdasan Adversity Quotient Climber; Camper; dan Quitter.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Nurul Hidayah Widyarti
Date Deposited: 18 Nov 2020 08:12
Last Modified: 18 Nov 2020 08:12
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/45024

Actions (login required)

View Item View Item