Implementasi budaya sekolah dalam membentuk karakter siswa: studi perbandingan di SD Al Muslim dan MINU Wedoro Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ummul, Jazilah (2020) Implementasi budaya sekolah dalam membentuk karakter siswa: studi perbandingan di SD Al Muslim dan MINU Wedoro Waru Sidoarjo. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ummul Jazilah_F12318130.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SD Al Muslim Waru Sidoarjo dan MINU Wedoro Waru Sidoarjo. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Budaya sekolah di SD Al Muslim Waru Sidoarjo dan MINU Wedoro Waru Sidoarjo (2) Implementasi budaya sekolah dalam membentuk karakter siswa di SD Al Muslim Waru Sidoarjo dan MINU Wedoro Waru Sidoarjo (3) Faktor pendukung dan penghambat implementasi budaya sekolah dalam membentuk karakter siswa di SD Al Muslim Waru Sidoarjo dan MINU Wedoro Waru Sidoarjo. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi perbandingan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang dilakukan menjelaskan bahwa budaya sekolah di SD Al Muslim dan MINU Wedoro Waru Sidoarjo terlaksana dengan baik. Program budaya sekolah yang dikembangkan di SD Al Muslim dan MINU Wedoro adalah budaya religius, budaya jujur, budaya kerjasama, budaya literasi, budaya disiplin, budaya cinta tanah air, budaya bersih dan sehat, budaya sosial, budaya prestasi dan budaya 5S. di SD Al Muslim ada pengembangan budaya wirausaha. Di MINU Wedoro, budaya wirausaha direncanakan akan dikembangkan pada tahun mendatang. Implementasi budaya sekolah dalam membentuk karakter siswa di SD Al Muslim dan MINU Wedoro Waru Sidoarjo, sesuai dengan permendikbud No, 20 tahun 2018 adalah nilai karakter religiusitas, Nasionalisme, Mandiri, Gotong royong dan Integritas. Kondisi karakter siswa SD Al Muslim dan MINU Wedoro pada lima nilai utama sudah baik. Faktor pendukung dan penghambat pada implementasi budaya sekolah dalam membentuk karakter siswa di SD Al Muslim Waru Sidoarjo dan MINU Wedoro Waru Sidoarjo adalah kepemimpinan kepala sekolah, partisipasi guru dan kerjasama tim (Teamwork) dan lingkungan sekolah sebagai faktor pendukung, sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya pengawasan, kurangnya pemodelan dari guru (Modelling), dan kurangnya partisipasi wali murid.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ummul, Jazilahummuljazilah@gmail.comF12318130
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTolchah, Moch.mochtolchah@yahoo.com2005035301
Thesis advisorHuriyah, Liliklilikhuriyah@gmail.com2010028001
Subjects: Budaya Organisasi
Keywords: Budaya sekolah; karakter.
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ummul Jazilah
Date Deposited: 13 Nov 2020 07:00
Last Modified: 13 Nov 2020 07:00
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/45019

Actions (login required)

View Item View Item