Metode Ceramah KH. Raden Muhammad Kholil As’ad Syamsul Arifin pada Masyarakat Situbondo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nurfanisa, Febri Ana (2020) Metode Ceramah KH. Raden Muhammad Kholil As’ad Syamsul Arifin pada Masyarakat Situbondo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Febri Ana Nurfanisa_B01216016.pdf

Download (2MB)

Abstract

KH. Raden Muhammad Kholil As’ad Syamsul Arifin adalah seorang tokoh pendakwah dengan menggunakan beberapa metode dakwah. Penelitian ini untuk menjawab rumusan masalah metode ceramah Kyai Kholil meliputi teknik pembukaan, pengaturan suara, dan teknik penutupan ceramah. Tujuan penelitian ini adalah ingin memberikan deskripsi tentang metode ceramah yang digunakan oleh Kyai Kholil pada masyarakat Situbondo. Penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologi. Peneliti melakukan pengamatan tiga video ceramah dengan fenomena berbeda. Hasil penelitian ini adalah Kyai Kholil berdasarkan teknik membuka ceramah paling dominan dengan penyampaian topik yang akan dibahas secara langsung, menggunakan suara yang bervariasi dan sesuai yang dibutuhkan, Kyai Kholil menutup ceramah sering dengan mengulang-ulang kata penekanan yang bersifat pesan dakwah dan ditutup dengan mengutip dari Al- Qur’an dan Hadits. Peneliti berharap di penelitian selanjutnya dapat meneliti dengan ketepatan metode dakwah lainnya, utamanya kepada masyarakat yang sangat kurang dan jauh ingatannya dari ilmu Agama Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nurfanisa, Febri Anafebriana.nurfanisa@gmail.comB01216016
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAziz, Moh. Alimalzis@yahoo.com2009065701
Subjects: Dakwah > Dakwah - Metode
Dakwah > Dakwah, Masyarakat
Masyarakat
Keywords: Metode Ceramah; KH. Raden Muhammad Kholil As’ad Syamsul Arifin.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Febri Ana Nurfanisa
Date Deposited: 13 Nov 2020 09:54
Last Modified: 13 Nov 2020 09:54
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/45018

Actions (login required)

View Item View Item