Peran Muslim Cina dalam proses Islamisasi di Jawa pada Abad XV-XVI

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fadila, Via Umi (2020) Peran Muslim Cina dalam proses Islamisasi di Jawa pada Abad XV-XVI. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Via Umi Fadila_A92216157.pdf

Download (2MB)

Abstract

Metode yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode penelitian sejarah, metode ini terdiri dari heuristic, verifikasi, interpretasi dan historiografi. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan sosio-historis. Teori yang digunakan yaitu, teori peranan menurut Soerjono Soekanto, yang berarti, lebih menunjuk kepada fungsi, penyesuaian diri dan sebagai suatu proses. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1). Agama Islam masuk di Nusantara pada abad ke-7 M atau lebih tepatnya Islam baru terlihat nyata dan mengalami akselerasi pada abad ke-12 M di Sumatra dan 16 M di Jawa. Salah satunya Islam dibawa masuk oleh pedagang dari negri asing serta mubaligh. 2). Emigrasi orang-orang Cina ke Nusantara terjadi dalam tiga periode, pertama pada saat Nusantara menjalin hubungan dagang dengan Cina (5 M). Kedua, saat pasukan Kublai Khan datang ke Jawa (1292 M). Setelah itu berlanjut pada saat rombongan armada laut Cheng Ho singgah ke Jawa (15 M). Beberapa tokoh seperti Cheng Ho, Raden Rahmat (Bong Swi Ho) dan Raden Patah (Jin Bun). Masing-masing dari mereka memiliki kontribusi dalam masuknya Islam ke Jawa. 3). Sarana perdagangan jalur laut menjadi media dakwah utama oleh komunitas Muslim Cina dan beberapa pengaruh kebudayaan Cina dapat dilihat dari situs-situs seperti, Masjid dan keraton Cirebon.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fadila, Via Umiviaumifadila@gmail.comA92216157
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSusanto, Dwidwi.uinsa@gmail.com2021127702
Subjects: Islam > Peradaban
Islam
Sejarah Peradaban Islam
Keywords: Muslim Cina; Penyebaran Agama Islam; Proses Islamisasi.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Via Umi Fadila
Date Deposited: 13 Nov 2020 09:43
Last Modified: 13 Nov 2020 09:43
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/45016

Actions (login required)

View Item View Item